Tips Merawat Kulit Selama Bulan Puasa

Saat berpuasa di bulan Ramadhan manusia akan kekurangan cairan pada tubuhnya akibatnya sangat terlihat pada kulit yang kering dan terlihat kusam. Ini menjadi momok yang menakutkan khususnya bagi para kaum wanita.Tak perlu resah. Berikut tips yang bisa dicoba untuk mencegah dan merawat kulit yang timbul saat bulan puasa.

Tips Merawat Kulit Selama Bulan Puasa

Kulit Kering

Masalah pertama dan yang utama adalah kulit kering. Kulit kering bisa jadi sangat disebabkan oleh pasukan cairan yang kurang, sehingga pastikan Anda sudah mengonsumsi air putih saat berbuka, malam hari, dan saat sahur.Sebisa mungkin hindari minuman soda dan kafein yang bisa menyerap cairan tubuh. Nah, kamu juga disarankan untuk mandi atau cuci muka dengan air dingin agar kulit tak jadi kering.

Kulit Kusam

Salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak wanita adalah kulit kusam, salah satu penyebab dari masalah kulit kusam adalah mengonsumsi gorengan terlalu banyak. Ini meningkatkan kadar minyak di wajah sehingga kulit tampak kusam, Batasi konsumsi makanan berminyak. Perbanyak konsumsi buah dan sayur agar kulit tetap terlihat fresh serta cerah bersinar. Anda juga dapat menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi vitamin saat bulan Ramadhan.

Kurangnya Jam Tidur

Kurang jam tidur dan juga air saat puasa membuat wajah Anda tampak lelah. Untuk mengatasinya usahakan untuk selalu mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk meningkatkan kesehatan kulit saat puasa.

Sinar Ultra Violet yang Berlebihan

Sebisa mungkin hindari kontak dengan matahari terlalu lama. Sinar UV atau ultraviolet akan membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam, pakailah tabir surya berupa sunblock atau sunscreen untuk mengurangi dan melindungi dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, jika cuaca di luar ruangan terlalu panas usahakan untuk menutupi kepala dengan menggunakan topi agar lebih terlindungi.

Kulit Sensitif

Kulit sensitif biasanya akan ditandai dengan gejala iritasi dengan ruam merah atau kulit serasa terbakar apabila salah memakai produk skin care. Untuk megatasi masalah kulit sensitif adalah gunakan produk yang memiliki label hypoallergenic dan mempunyai bahan alami. Usahakan untuk memilih produk yang tidak banyak memiliki bahan-bahan lain didalamnya, semakin sedikit komposisi bahannya maka potensi kulit Anda mengalami kerusakan akan semakin berkurang. Selain itu, untuk merawat kulit sensitif sebenarnya sama seperti dengan jenis kulit lain yaitu, pakailah tabir surya saat keluar rumah, minum air putih yang cukup, dan istirahat yang cukup.

Kuncinya adalah Anda tidak boleh sampai dehidrasi. Usahakan untuk selalu minum air minimal 8 gelas sehari meskipun sedang berpuasa. Atur saja konsumsi air ini di jam berbuka dan sahur agar tubuh dan kulit senantiasa terjaga kesehatannya.

Spread the word. Share this post!