Tips Merawat Rambut Alami di Rumah

Masalah kesehatan rambut tentu menjadi perhatian penting khususnya bagi kaum wanita yang memang memiliki rambut panjang. Memiliki rambut alami yang sehat tentu menjadi dambaan bagi siapa saja. Namun sayangnya kesalahan penggunaan produk perawatan hingga pewarna rambut dapat merusak kondisi rambut yang Anda miliki terlebih jika mengalami kerusakan permanen. Banyak cara yang di tempuh untuk mengembalikan kondisi tersebut namun sayangnya biaya yang di perlukan juga cukup besar.

Tips Merawat Rambut Alami di Rumah

Ada beberapa alternative cara perawatan rambut dengan menggunakan bahan alami yang lebih hemat dan tentunya tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan rambut yang Anda miliki. Berikut adalah tips yang bisa Anda praktekkan di rumah, antara lain:

Perawatan rambut menggunakan minyak esensial

Minyak esensial jika digunakan secara teratur dapat memperbaiki kerusakan rambut serta memberikan keharuman alami pada rambut Anda. Minyak esensial juga banyak di gunakan pada produk perawatan rambut seperti sampo, serum dan lain sebagainya. Secara khusus minyak yang dapat di gunakan untuk perawatan rambut rusak ialah minyak kelapa yang dapat melembutkan serta membuat rambut Anda terlihat lebih mengkilap. Selain itu ada minyak almond yang membantu melembabkan kulit kepala Anda agar lebih sehat.

Cara penggunaan minyak esensial sangat lah mudah untuk Anda praktekkan di rumah. Anda hanya perlu meneteskan minyak esensial terebut pada sampo atau kondisioner yang biasa Anda gunakan. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun sebagai campurannya. Setelah tercampur Anda tinggal mengoleskan secara merata pada rambut setelah itu gunakan penutup kepala dan diamkan selama kurang lebih 30 menit atau diamkan selama semalam. Setelah itu bilas sampai bersih.

Memotong rambut secara teratur

Memotong rambut secara teratur dapat merangsang pertumbuhan rambut baru serta mengurangi risiko rambut bercabang. Jangan biarkan rambut rusak tumbuh terlalu panjang hal ini akan memperparah kerusakan secara keseluruhan. Jika kondisi rambut Anda normal di sarankan kurang lebih tiga bulan sekali untuk menggunting rambut. Namun apa bila Anda sering menggunakan hair dryer atau peralatan perawatan lainnya lakukanlah setiap dua bulan sekali. Satu hal yang perlu di perhatian ialah jika Anda menggunting sendiri, hindari menggunakan gunting yang sudah tumpul karena dapat merusak rambut alami kesayangan Anda

Makanan sehat dan bergizi

Makanan yang Anda makan juga sebenarnya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan rambut Anda. Makanan yang mengandung protein sangat baik untuk memperkuat rambut, kebutuhan protein per hari yang di butuhkan ialah sekitar 46 gram dengan kadar yang setara dengan 200 mililiter susu kedelai. Omega 3 juga berfungsi untuk melembabkan rambut serta membantu melindungi jantung dan meringankan depresi. Membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat tentu akan berdampak baik bagi tubuh.  Anda bisa mendapatkan 2 manfaat sekaligus yaitu kesehatan tubuh serta rambut yang semakin membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

Rambut alami yang sehat dan berkilau tentu menjadi dambaan bagi setiap orang baik laki-laki maupun perempuan karena sangat mempengaruhi penampilan di muka umum. Dengan merawat rambut rusak secara alami tentunya Anda juga bisa lebih menghemat biaya sehingga dapat di alokasikan pada kebutuhan penting lainnya.

Spread the word. Share this post!