Tips Perawatan Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit

Tahukan anda? Jika kulit anda akan merefleksikan kesehatan tubuh anda. Sehingga penting untuk melakukan perawatan wajah agar menjaga kulit tetap sehat dan segar sepanjang hari. Perawatan yang dilakukan untuk kulit anda tentunya harus disesuaikan dengan jenis kulit yang anda miliki. Hal ini karena masing-masing kulit memiliki karakteristiknya masing-masing. Nah berikut ini perawatan kulit yang bisa anda lakukan untuk masing-masing jenis kulit.

Tips Perawatan Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit

Kulit Kering

Bagi pemilik kulit kering, biasanya kulit cenderung tidak elastis dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Kulit kering juga cenderung terlihat kusam, mudah iritasi, berkerut, kasar, bahkan garis wajah akan mudah tampak. Bagi anda pemilik kulit wajah kering, berikut ini beberapa tips perawatan wajah kulit kering yang bisa anda coba.

  • Gunakan sabun dan pembersih wajah yang memiliki kandungan ringan
  • Jangan terlalu lama waktu yang digunakan untuk mandi
  • Hindari melakukan scrub atau menggosok saat mandi
  • Jangan lupa menggunakan pelembab setelah mandi. Ulangi pemakaian jika kulit mulai terasa kering
  • Usahakan untuk tidak berada dalam ruangan yang terlalu panas

Produk dengan bahan dasar minyak atau petroleum akan lebih tepat digunakan bagi anda pemilik kulit kering. Dibandingkan krim, penggunaan bahan dasar ini lebih mampu menahan cairan agar kulit tidak mudah terhidrasi.

Kulit Berminyak

Kondisi kulit yang berminyak terkadang akan berubah seiring dengan berjalannya waktu, hal ini juga tergantung dari faktor-faktor tertentu seperti kelembapan, stress, hormone, pubertas dan lainnya. Bagi anda pemilik kulit wajah berminyak, berikut ini beberapa perawatan yang bisa anda lakukan.

  • Cuci wajah setelah berkeringat, namun tidak dianjurkan lebih dari 2 kali sehari
  • Gunakan produk-produk perawatan yang tidak akan menyumbat pori-pori. Biasanya akan tertulis dengan label “noncomedogenic”
  • Hindari memencet jerawat pada kulit
  • Hindari menggosok kulit saat mandi
  • Gunakan pembersih yang memiliki kandungan lembut

Meskipun tipe kulit anda berminyak, namun kulit ini tetap membutuhkan moisturizer ringan. Anda bisa menggunakan pelembab berbahan dasar air sehingga tidak berisiko memicu timbulnya jerawat.

Kulit Normal

Yang dimaksud dengan kulit normal adalah kulit yang tidak terlalu kering maupun tidak terlalu berminyak. Tidak memiliki permasalahan, pori-pori kulit bahkan tidak terlihat, dan cenderung tidak sensitive. Namun meskipun begitu tetap lindungi kulit anda dengan menggunakan pelembab wajah setiap hari. Untuk perawatan wajah kulit normal sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan pelembab dengan bahan dasar air yang ringan dan tidak lengket.

Kulit Sensitif

Biasanya kulit sensitive ditandai dengan gejala seperti gatal, kering, terbakar, dan kemerahan. Untuk merawat kulit wajah yang cenderung sensitive, maka anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini:

  • Gunakan pembersih dengan bahan dasar yang bersifat lembut. Hindari menggunakan produk beralkohol, pewangi, sabun, dan asam. Akan lebih baik jika menggunakan produk dengan kandungan yang lebih alami
  • Pilih produk yang memiliki label hypoallergenic serta berbahan dasar alami.

Sebenarnya untuk merawat masing-masing jenis kulit hampir kurang lebih sama. Selain cara-cara diatas anda bisa juga dengan melakukan pola hidup yang sehat, hindari alcohol dan merokok, cukup tidur, konsumsi air minum yang cukup dan olahraga teratur.

 

Spread the word. Share this post!