Tips Sehat Dengan Berpuasa

Begitu banyak tips sehat yang diberikan kepada masyarakat sebagai sebuah nasehat yang brilian untuk meningkatkan kesehatan. Tapi tahukah Anda dari begitu banyak tips dan nasehat mengenai pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan berpuasa, yang memiliki dampak manfaat luar biasa, bagi kesehatan lahir dan batin kita. Umat Islam, yang biasanya sering melakukan puasa di saat bulan Ramadhan telah mengajarkan banyak hal ke kita. Kalau makna puasa bukan hanya sebagai penahan rasa haus dan lapar. Tapi jauh dari itu.  

Berikut manfaat dan tips sehat dengan berpuasa:

mengatur sistem pencernaan

memungkinkan untuk pembersihan dan detoksifikasi tubuh

mengatur pola makan

memberikan pandangan kejernihan mental yang lebih besar

membersihkan dan menyembuhkan emosional

meningkatkan tingkat energy

meningkatkan ketenangan batin, meningkatkan hubungan spiritual

efek antipenuaan

sikap yang lebih baik

lebih tahan terhadap penyakit

tidur yang lebih baik

Perubahan kebiasaan

perencanaan yang lebih jelas

kulit yang lebih jelas

Kreativitas

perubahan pola diet

detoksifikasi obat

peningkatan indra

 (Penglihatan, pendengaran, rasa)

Inspirasi

Mental dan emosional lebih terkontrol

lebih banyak energi

relaksasi

Ide baru

Pemurnian

Pengurangan alergi

Peremajaan

Sisanya untuk organ pencernaan

revitalisasi

kesadaran spiritual

mengurangi berat badan

Puasa telah disebut sebagai “obat ajaib” dan sebagai salah satu tips sehat paling brilian. karena ¬†kondisi fisik yang mampu ditingkatkan dengan puasa panjang. Dan bisa mengurangi segala macam alergi, arthritis, gangguan pencernaan dari semua jenis, kondisi kulit, penyakit jantung, dan asma. Karena puasa memulai mekanisme penyembuhan tubuh sendiri, setiap penyakit dapat menunjukkan peningkatan.

Selama berpuasa, sistem dalam tubuh kita beristirahat dari serangan konstan bahan makanan. Kita biasanya berpikir tentang makanan sebagai pemberi kita energi, sehingga dapat menjadi cara berpikir yang baru untuk memahami bagaimana makanan yang kita makan benar-benar membutuhkan energi. Mencerna, asimilasi dan metabolisme – kegiatan ini memerlukan banyak energi. Diperkirakan bahwa 65% dari energi tubuh harus diarahkan ke organ pencernaan setelah makan berat.

Di samping itu puasa bisa meningkatkan panjang umur. Percaya atau tidak, semakin sedikit Anda makan lebih lama Anda akan hidup. Penelitian telah menunjukkan bagaimana umur orang dalam budaya tertentu meningkat karena diet mereka. Namun, kita tidak perlu hidup di antara masyarakat asing untuk menuai keuntungan dari puasa. Salah satu efek utama dari penuaan adalah metabolisme lebih lambat, lebih muda tubuh Anda, lebih cepat dan lebih efisien metabolisme Anda. Semakin sedikit Anda makan, semakin sedikit yang dibutuhkan pada sistem pencernaan Anda.

Hanya berpikir tentang hal ini, Anda benar-benar mengalami kelaparan nyata jika Anda makan makanan setiap 3-4 jam? Tentu saja Anda tidak bisa. Bahkan, untuk mengalami hakikat kelaparan, ini akan mengambil apa pun dari 12 bahkan 24 jam.

Puasa membantu mengatur hormon-hormon dalam tubuh Anda sehingga Anda mengalami apa kelaparan sejati. Kita tahu bahwa orang gemuk tidak menerima sinyal yang tepat untuk membiarkan mereka tahu mereka penuh karena pola makan yang berlebihan. Pikirkan puasa sebagai tombol reset: semakin lama Anda cepat, semakin tubuh Anda dapat mengatur diri sendiri untuk melepaskan hormon yang benar, sehingga Anda dapat mengalami apa rasa lapar yang sebenarnya. Belum lagi, ketika hormon Anda bekerja dengan benar, Anda mendapatkan penuh lebih cepat.

Spread the word. Share this post!