Tips Sehat Hidup dengan Tulang Kuat

Gangguan pada tulang adalah salah satu keluhan yang sering menganggu, apalagi saat sudah menginjak usia lanjut. Kemungkinan wanita untuk mengalami pengeroposan tulang lebih besar jika dibandingkan dengan pria, dengan menggunakan pola makan yang memiliki kandungan nutrisi sesuai dan olahraga yang pas, bisa mengurangi resiko tersebut, sebenarnya untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada beberapa tips sehat yang bisa Anda lakukan.

Pertama, beri nutrisi. Sebagai jaringan hidup, tulang bisa memperbaiki kondisinya secara teratur. Gangguan pada proses perbaikan serta pertumbuhan tulang bahkan yang paling kecil bisa memperbesar resiko patah tulang ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Kunci penting untuk mendapatkan tulang kuat ialah vitamin D dan kalsium. Kalsium bisa mendukung struktur gigi dan tulang, sedangkan vitamin D bisa memaksimalkan penyerapan kalsium serta mendukung pertumbuhan tulang. Inilah fungsi pentingnya asupan nutrisi vitamin sejak dini. kecukupan nutrisi ini akan membantu mencegah osteoporosis yang bisa menyebabkan tulang rapuh bahkan patah tulang.

Tips sehat menjaga tulang yang kedua ialah mengkonsumsi jenis makanan yang dianjurkan. Beberapa makanan yang kaya dengan kandungan kalsium bisa Anda konsumsi. Makanan ini seperti kacang-kacang, keju, susu dan sayuran yang memiliki warna hijau. Selain itu, konsumsi gula serta makanan yang lain seperti tepung dan roti juga dibutuhkan. Untuk makanan yang tinggi kandungan vitamin D bisa digunakan untuk mendukung tulang kuat, seperti telur, sereal dan beberapa jenis ikan. Vitamin D sebenarnya juga bisa Anda dapatkan dari sinar matahari. jadi, saat pagi hari, usahakan Anda memperoleh sinar matahari agar vitamin D dapat masuk di tubuh Anda.

Ketiga, olahraga yang mendukung tulang kuat. Pembentukan tulang akan terjadi hingga usia 20 tahun. Sesudah berusia 35 tahun, seiring dengan proses penuaan, tulang akan kehilangan masa tulang, tetapi bila aktivitas fisik sudah biasa dilakukan secara rutin, kehilangan massa tulang dapat diperlambat. Untuk menjaga dan membangun tulang kuat, diperlukan aktivitas fisik atau pun olahraga yang berfokus pada penguatan otot. Untuk olahraga yang mengambil beban di kaki harus menyangga beban tubuh, tulang akan bekerja menjadi semakin keras sehingga bisa membuatnya menjadi semakin kuat. Beberapa olahraga yang disarankan seperti berlari, menari dan berjalan, sementara itu olahraga yang menguatkan otot digunakan untuk merangsang tendon dan tulang sehingga menjadi semakin kuat

Sebenarnya, tips sehat agar tulang tetap kuat bisa dilakukan dengan melakukan berbagai macam aktivitas fisik yang melatih keseimbangan dan koordinasi. Mungkin saat masih muda seperti di usia sekarang ini, Anda tidak begitu perhatian pada tulang karena menganggapnya tidak akan memberikan pengaruh penting, padahal untuk mencegah pengeroposan tulang di usia senja, Anda harus mulai melakukan perawatan mulai dari sekarang. Konsultasikan dengan ahli gizi dan dokter untuk informasi secara lengkap.

 

Spread the word. Share this post!