Tips Sehat Konsumsi Teh Hijau untuk Para Pelaku Diet

Memiliki tubuh yang sehat, langsing dan ideal menjadi keinginan bagi setiap orang terutama wanita tidak hanya membuat penampilan menjadi menarik namun juga terhindar dari penyakit yang disebabkan karena obesitas. Untuk membentuk badan dan menjaga berat badan, bisa berolahraga, program diet atau mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter, misalnya obat pengurus badan. Ada tips sehat untuk Anda yang ingin berdiet adalah dengan mengkonsumsi teh hijau.

Teh hijau tidak hanya mengandung antioksidan yang tinggi yang bisa melindungi tubuh dari radikal sinar UV namun juga mengandung polifenol. Polifenol merupakan zat untuk membantu mengurangi kadar zat trigliserida. Zat trigliserida sendiri merupakan zat yang terbentuk dari makanan atau minuman yang mengandung gula serta bahan bakar lemak. Zat tersebut diproduksi usus dan hati dan akan diedarkan ke seluruh tubuh. Jika dalam tubuh kandungan zat tersebut menumpuk maka akan berubah menjadi lemak yang membuat Anda menjadi obesitas.

Sebelum minum teh hijau, ada catatan penting mengenai tips sehat yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Jangan konsumsi teh hijau 2 jam sebelum tidur karena bisa menyebabkan Anda susah tidur.
  • Hindari mengkonsumsi teh terlalu banyak atau berlebihan karena bisa mengganggu penyerapan zat besi, menimbulkan noda dan karang gigi.
  • Jangan minum teh yang sudah lama disimpan.

Pastikan lebih dahulu teh hijau yang Anda konsumsi tersebut tidak dicampurkan bahan apapun seperti gula. Campuran gula bisa menyebabkan teh hijau kurang maksimal dalam bekerja menurunkan berat badan tubuh. Jangan lupa untuk minum teh hijau secara rutin dan dalam kondisi yang hangat karena jika suhu dingin, justru bisa membahayakan tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit. Suhu teh hijau yang tepat adalah 80-90oC dan penyeduhan maksimal sebelum dikonsumsi adalah 4-5 menit. 

Tips sehat lain untuk waktu mengkonsumsi teh hijau yang tepat agar program diet berhasil adalah:

  • Setelah sarapan. Mengkonsumsi teh hijau saat pagi sebaiknya dilakukan 1 jam setelah sarapan dan hindari minum teh hijau saat perut kosong. Hal tersebut disebabkan teh hijau juga mengandung kafein yang bisa memicu produksi asam lambung dan menyebabkan dehidrasi.
  • Sebelum atau sesudah makan baik sebelum sarapan, makan siang atau makan malam. Walaupun sebaiknya tidak diminum sebelum makan, apalagi jika Anda memiliki masalah pada lambung seperti maag, namun mengkonsumsi 1 cangkir teh hijau sebelum makan bisa mengontrol nafsu makan, penunda lapar sehingga tidak banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  • Minum 3-6 kali sehari. Meminum teh hijau memang baik untuk tubuh namun tidak berlebihan. Maksimal Anda hanya boleh mengkonsumsi 6 cangkir teh hijau per harinya. Jika lebih bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh misalnya mulas, susah tidur, asam lambung meningkat.

 

Spread the word. Share this post!