Tips Sehat Membuat Gorengan Sehat

Anda pecinta gorengan? Atau mungkin Anda suka dengan ragam makanan yang digoreng? Ayam goreng, tempe goreng, kentang goreng, tahu goreng, dan tempe goreng sudah menjadi santapan sehari-hari orang Indonesia. Berbagai gorengan pun kerap jadi pilihan utama camilan. Makanan yang digoreng memang memiliki rasa yang lebih enak, tapi kandungan nutrisi makanan tersebut pun bisa berkurang, kalau saja cara memasaknya salah. Agar gorengan atau makanan yang digoreng lebih sehat dikonsumsi, ikuti tips sehat agar gorengan lebih sehat berikut ini. Cara memasak adalah salah satu faktor penentu apakah makanan tersebut sehat dikonsumsi atau tidak.

  • Gunakan Minyak Zaitun (Olive Oil)

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak terbaik yang bisa digunakan untuk menggoreng makanan. Dibandingkan jenis minyak lain (corn oil, sunflower oil, soybean oil), minyak zaitun ini lebih stabil di suhu tinggi. Artinya adalah Anda bisa menggunakan minyak zaitun ini lebih lama dibandingkan jenis minyak lain. Bahkan bisa juga menjaga kualitas dan nutrisi makanan tersebut. Minyak zaitun yang paling direkomendasikan adalah Virgin atau Extra Virgin.

  • Gunakan Minyak Jernih

Gunakan minyak yang masih jernih. Jika minyak digunakan berulang kali, minyak tersebut bisa membuat rasa masakan tidak enak. Tak hanya itu, minyak bekas juga sudah kehilangan banyak nutrisinya. Kalau ada sisa makanan yang masih ada di minyak, segera buang atau usahakan tidak menggunakan minyak yang sama berulang kali.

  • Buat Adonan Tepung yang Lebih Sehat

Apakah Anda sering menggunakan tepung terigu serba guna? Tepung jenis ini memang banyak digunakan karena bisa lengket di makanan dengan sempurna. Hanya saja ada kandungan gluten di dalamnya sehingga bisa menyerap banyak minyak. Sebagai alternatif, Anda bisa membuat adonan tepung dari tepung beras atau tepung jagung.

  • Tambahkan Baking Soda dalam Adonan Tepung

Anda bisa menambahkan baking soda dalam adonan tepung. Atau bisa juga mencampurkan air berkarbonasi. Cara ini bisa melepaskan gelembung-gelembung gas makanan saat digoreng dan mengurangi penyerapan minyak. Tak hanya itu, rasa gorengan pun bisa makin renyah.

  • Jaga Suhu Minyak

Kalau minyak kurang panas, maka butuh waktu lebih lama untuk memasak dan minyak yang diserap makin banyak. Tapi kalau terlalu panas, gorengan akan makin cepat gosong. Suhu minyak yang tepat untuk menggoreng adalah sekitar 150-200 derajat celcius.

Satu lagi tips sehat agar gorengan yang Anda makan tak mengandung terlalu banyak minyak adalah dengan meniriskan gorengan tersebut sebelum dikonsumsi. Atau Anda bisa menyerap minyak berlebih dengan tisu.

Gorengan memang enak disantap setiap hari. Tapi jangan sampai berlebihan. Makan secukupnya saja dan tetap perhatikan konsumsi makanan Anda yang lain.

Spread the word. Share this post!