Tips Sehat Mudah dan Murah untuk Mahasiswa

Banyak orang yang mengatakan bahwa kehidupan sebagian mahasiswa yang hidup di kota rantau sangat jauh dari kata sehat. Kebiasaan hidup dan rutinitas sehari-hari mahasiswa banyak yang tidak baik bagi kesehatan, misalnya begadang hingga larut malam, pola makan yang tidak teratur, suka bangun siang, dan yang paling berbahaya adalah lingkungan tempat tinggal yang jarang dibersihkan sehingga berbahaya bagi kesehatan. Jika hidup dalam kondisi tersebut dalam kurun waktu yang lama, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama dampak jangka panjang. Gaya hidup yang tidak sehat tersebut disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah kemalasan dan anggapan bahwa hidup sehat harus mengeluarkan beaya yang mahal. Padahal sebenarnya, hidup sehat bisa diterapkan dengan sangat mudah oleh mahasiswa, dan tidak perlu mengeluarkan beaya yang sangat mahal. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa tips sehat mudah dan murah untuk mahasiswa di perantauan.

  • Istirahat yang Efektif dan Cukup

Sebagian besar mahasiswa memiliki pola tidur yang tidak baik, misalnya suka begadang sehingga membuat mereka bangun kesiangan, atau terlalu banyak tidur dan kurang bergerak, atau bahkan kurang tidur karena terlalu banyak nongkrong. Agar memiliki pola hidup yang sehat, mahasiswa harus istirahat yang efektif dan cukup. Istirahat yang cukup belum tentu efektif. Usahakan untuk tidur malam minimal 5-6 jam, dan tidur siang kira-kira 1 jam, tanpa diganggu oleh suatu hal apapun. Jangan tidur malam lebih dari 7 jam, dan jangan tidur siang lebih dari 3 jam, sebab akan sangat berpengaruh pada metabolisme tubuh. Jika tidur siang dirasa sulit, mahasiswa bisa istirahat siang di sela istirahat kuliah. Tidur siang selama 10 menit sebenarnya bisa efektif asal betul-betul nyenyak dan tidak ada gangguan.

  • Bangun Pagi dan Berolahraga

Tips sehat yang selanjutnya adalah bangun pagi dan berolahraga. Bangun pagi mungkin dirasa berat bagi mahasiswa yang memiliki pola istirahat yang kacau. Padahal, bangun pagi sangat penting bagi kesehatan. Usahakan untuk bangun pagi dan berjalan kaki minimal 10 menit untuk merenggangkan otot yang kaku setelah tidur. Berolahragalah di sekitar kost selama minimal 10 menit. Dan jika setelah berolahraga masih mengantuk, Anda bisa tidur lagi dengan catatan tidak boleh lebih dari satu jam. Aturlah alarm agar tidak tidur pagi lebih dari satu jam.

  • Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan bukan hanya berarti makan tiga kali sehari dan makan tepat waktu, melainkan juga mempertimbangkan asupan gizi pada tubuh. Makan dua kali atau tiga kali sehari memang penting, tapi yang paling penting dari makan adalah asupan yang cukup. Tips sehat agar bisa mengatur pola makan yang baik adalah, usahakan untuk mengimbangi makan daging dan sayuran. Misalnya, jika siang sudah makan daging, usahakan malam mengkonsumsi sayuran yang cukup. Sementara untuk sarapan pagi, bisa sarapan hemat, misalnya sarapan bubur atau segelas susu.

Spread the word. Share this post!