Tips Sehat Saat Musim Hujan

Musim hujan selalu datang menjelang akhir tahun dari September hingga awal tahun sekitar bulan Maret. Di saat pergantian musim, beberapa orang yang kondisinya kurang fit bisa saja menjadi sakit karena harus beradaptasi dengan musim yang akan datang. Perubahan cuaca dari kemarau yang selalu panas dan kering, lalu menjadi dingin dan lembab adalah konflik utama buat orang kurang memperhatikan kondisi badannya. Jadi, di sini akan dibagi tips sehat saat musim hujan datang dan bagaimana mencegah kondisi badan agar tidak drop.

  • Saat pergantian musim tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan harus melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mengganggu sistem imun pada tubuh dan kekebalan tubuh pada manusia menjadi drop. Jadi pada saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih cepat dan rentan menyerang. Maka sangat disarankan untuk konsumsi vitamin untuk menjaga kestabilan tubuh. Vitamin yang dianjurkan adalah vitamin C. Kandungan vitamin C bisa juga Anda dapatkan secara alami dari buah – buahan seperti jeruk, strawberry, dan segala jenis berry. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin seperti suplemen dan buah – buahan akan membantu Anda meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

Baca Juga: PILIHAN MAKANAN SEHAT

  • Saat musim hujan kuman dan bakteri juga akan berkembang biak lebih cepat karena kelembaban yang sangat tinggi. Inilah sebabnya tubuh akan lebih rentan terhadap kuman dan bakteri yang kemudian gampang masuk ke dalam tubuh. Dan media yang dilewati si kuman dan bakteri adalah tangan, karena secara tidak sadar Anda akan lebih banyak memasukan kuman dan bakteri ke dalam tubuh melewati tangan seperti pada saat makan setelah menyentuh tubuh orang lain atau pegangan yang kotor tanpa sengaja. Sebisa mungkin Anda harus selalu higienis setiap hari dengan cara membiasakan mencuci tangan setiap kali baru tiba di rumah atau sehabis melakukan aktifitas, sebelum dan sesudah makan dan setiap kali setelah BAK dan BAB. karena toilet dan gagang ointu adalah salah satu tempat dengan sumber bakteri terbanyak. Namun mencuci tangan dengan air saja tidak cukup untuk membunuh kuman dan bakteri, jadi gunakanlah sabun yang mengandung disinfektan.
  • Jagalah asupan makan dan air dalam tubuh. Ketika Anda sering makan junk food dan soda, sudah dipastikan itu makanan yang tidak bergizi dan tidak sehat. Jadi, perbanyak minum air putih sebanyak (minimal) 2 liter per hari dan mengkonsumsi daging serta sayuran yang penuh serat. Nutrisi pada makanan juga harus diperhatikan mengingat itu akan membantu tubuh Anda tetap fit.

Jadi, sudah siapkah Anda menyambut musim hujan setelah melewati beberapa bulan dengan cuaca yang kering? Semoga tips sehat ini bermanfaat untuk Anda.

Spread the word. Share this post!