Tips Sehat Sederhana Agar Tidak Mudah Lelah Saat Beraktivitas

Apakah anda termasuk orang yang selalu sibuk setiap harinya dengan segudang aktivitas? Atau selalu punya jadwal padat setiap saatnya? Biasanya permasalahan yang paling sering dihadapi orang yang selalu sibuk setiap harinya adalah badan yang gampang capek dan kurang bertenaga. Kebugaran dan kesehatan tubuh selalu jadi aset utama untuk bisa selalu beraktivitas dengan baik setiap harinya. Apabila badan dibiarkan gampang capek setiap hari, tentu akan mudah terkena penyakit. Untuk itu, ikuti tips sehat sederhana untuk membantu tubuh agar tidak mudah lelah saat beraktivitas :

  • Gerakkan Tubuh Selama 15 Menit di Pagi Hari

Tips sehat pertama, awali hari dengan melakukan olahraga. Cukup 15 menit saja. Bisa dengan sekadar jalan kaki pagi, jogging, atau yoga pagi. Dengan begini, aliran darah bisa lebih lancar dan tubuh terasa lebih segar. Sebisa mungkin lakukan olahraga dengan terkena paparan sinar matahari pagi langsung. Tubuh akan merasa lebih hangat dan rasa kantuk yang tadi masih menggelayut di mata bisa segera lenyap. 

  • Makan dengan Porsi Sedikit-Sedikit

Maksudnya adalah makan dengan porsi sedikit tapi sering. Tidak langsung makan dengan porsi besar sekaligus. Karena kalau makan langsung dalam porsi besar, tubuh jadi kekenyangan dan harus bekerja lebih keras untuk mencerna. Akibatnya kita bisa gampang merasa mengantuk. Batasi juga konsumsi makanan olahan, makanan cepat saji, dan yang mengandung terlalu banyak gula. Cukupi kebutuhan vitamin dan serat dengan konsumsi buah dan sayur yang cukup.

  • Mendengarkan Musik

Punya jenis musik favorit? Atau anda bisa tetap fokus mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan musik? Coba untuk mengimbangi kegiatan dengan mendengarkan musik yang anda suka. Sehingga anda bisa merasa lebih bersemangat dan tidak gampang merasa lemas saat melakukan sesuatu.

Baca Juga: 7 Tips Sehat Paling Jitu, Agar Hidup Anda Lebih Berarti!

  • Tidur Siang 10 Menit

Siang hari, biasanya kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus akan menurun. Energi tubuh pun bisa menurun. Untuk mengisi kembali energi tubuh, coba tidur siang 10 menit saja. Kalau anda kerja kantoran, bisa manfaatkan waktu istirahat untuk sekadar mengistirahatkan mata dengan memejamkan mata sejenak selama beberapa menit.

  • Atur Pencahayaan

Bekerja dan beraktivitas, usahakan dalam kondisi pencahayaan yang terang. Kalau di dalam ruangan, atur lampu yang cukup menerangi seluruh ruangan. Saat bekerja atau beraktivitas di pagi hari, dapatkan sinar matahari yang cukup. Kalau kebanyakan aktivitas anda lakukan di dalam ruangan, usahakan untuk meluangkan waktu beberapa menit sekali untuk pergi ke luar ruangan. Jalan-jalan sebentar dan dapatkan udara segar untuk membuat sirkulasi darah dalam tubuh lebih lancar. 

Sesibuk apapun aktivitas dan jadwal setiap hari, selalu luangkan waktu untuk istirahat. Waktu istirahat bukanlah waktu yang sia-sia. Kenapa? Karena dengan istirahat, kita bisa mengisi ulang energi dalam tubuh dan beraktivitas bisa lebih lancar lagi.

Spread the word. Share this post!