Tips Sehat Selama Musim Hujan

Biasanya, saat musim penghujan seperti saat ini tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit. Kenapa? Karena tubuh sedang dipaksa untuk beradaptasi terhadap suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari musim kemarau. Tidak heran, penyakit-penyakit semacam flu seringkali mampir apabila kita tidak pintar menjaga kesehatan. Untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut, berikut beberap tips sehat selama musim hujan agar badan tetap terjaga.

  • Konsumsi vitamin

Di masa pancaroba seperti ini, tubuh tidak dengan otomatis menyesuaikan dengan lingkungan. Sebaliknya, ada sebuah proses yang harus dilewati tubuh untuk menyesuaikan diri dengan suhu dan kelembapan udara. Proses inilah yang mempengaruhi kekebalan tubuh menjadi sedikit rentan terhadap penyakit. Untuk itu tubuh butuh asupan vitamin, terutama vitamin C untuk membantu tubuh menjaga sistem kekebalannya. Vitamin C bisa didapatkan dari konsumsi vitamin yang dijual di pasaran maupun melalui konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk atau stroberi.

  • Jaga kebersihan diri

Karena kelembapan yang tinggi di musim penghujan, kuman dan bakteri jadi semakin leluasa untuk berkembang biak. Itulah sebabnya menjaga kebersihan tubuh terutama tangan yang menjadi sumber perpindahan kuman dan bakteri harus lebih diperhatikan. Usahakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan.

  • Jaga kebersihan lingkungan

Apabila kebersihan diri sudah dijaga, kebersihan lingkungan juga harus tetap dijaga. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman, bakteri bahkan nyamuk penyebab demam berdarah. Caranya pun tergolong mudah, buang genangan air dan tutup saluran air untuk meminimalisir perkembangbiakan nyamuk.

  • Minum air putih

Karena cuaca yang dingin, orang seringkali mengabaikan kebiasaan minum air putih. Padahal, baik di musim kemarau maupun hujan, kebutuhan tubuh akan cairan tetap sama. Pasokan air putih dalam tubuh ysng cukup akan menjaga kekebalan tubuh tetap terjaga.

  • Perhatikan pola makan

Cuaca dingin membuat cepat lapar? Tapi hati-hati, karena metabolisme tubuh melambat, sebaiknya hindari terlalu banyak makan untuk mencegah kegemukan. Usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

  • Perhatikan juga pola tidur

Ingat untuk tetap menjaga porsi tidur yang seimbang, karena tidur yang cukup membantu menjaga kondisi tetap fit sehingga tidak mudah sakit.

  • Gunakan baju yang hangat

Baju yang kita kenakan ternya juga berpengaruh  terhadap kesehatan di musim penghujan seperti ini. Jadi, usahakan untuk selalu mengenakan pakaian yang menjaga tubuh tetap hangat seperti sweater atau jaket, terutama untuk kita yang lebih sering berkegiatan di luar ruangan.

Sekarang, kita tidak perlu khawatir ketika menghadapi musim hujan. Kita bisa tetap sehat dengan memperhatikan tips sehat di atas.

Spread the word. Share this post!