Tips Sehat Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan, tubuh dan sistem pencernaan wanita biasanya akan melemah untuk beberapa waktu. Ini karena adanya ketidakseimbangan dalam tubuhnya. Kondisi ini diperparah dengan risiko sebagai ibu baru, yakni kurang tidur dan pola makan yang tidak menentu. Tugas mereka pun semakin bertambah dengan menyusui dan mengurus anaknya yang baru lahir. Tentu ini akan sangat menguras fisik dan psikis mereka. Maka dari itu mereka memerlukan tips sehat setelah melahirkan agar kesehatan lahir dan batin mereka selalu terjaga.

Selain memberi tips sehat, beberapa ahli juga memberi anjuran kepada para ibu pasca melahirkan agar memilih makanan yang mudah dicerna dan mendapatkan terapi pijat dengan minyak esensial.

Berikut adalah beberapa tips sehat untuk mengembalikan kondisi kesehatan ibu pasca melahirkan:

  1. Diet sehat

Tips sehat pertama ini bukan hanya penting pada masa kehamilan, tapi juga pasca melahirkan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bertekstur ringan dan mudah dicerna seperti sup, semur, bubur, dan nasi. Tambahkan kunyit ke dalam beberapa menu makanan Anda, sebab kunyit diyakini akan membantu proses penyembuhan. Tambahkan pula jahe ke dalam sup atau teh karena jahe dianggap sangat baik untuk memberikan tenaga pada tubuh.

Setelah melahirkan, ada baiknya untuk menghindari makanan yang terlalu pedas, terutama jika Anda sedang menyusui. Ibu juga wajib banyak minum air putih dan mengonsumsi produk olahan susu untuk menghidrasi kembali tubuh, menyeimbangkan kondisi tubuh, dan membantu produksi ASI.

Terakhir, konsumsilah kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Kacang sangat baik untuk memberi tambahan energi pada tubuh, sedangkan buah-buahan kering mengandung zat besi yang baik untuk produksi ASI.

  1. Terapi pijat secara rutin

Terapi pijat yang rutin dilakukan akan sangat baik untuk ibu dan bayi. Tak hanya baik untuk kulit, ini juga dapat menyeimbangakan energi ibu dan memperkuat bayi.

  1. Cukup istirahat

Pasca melahirkan, penting sekali bagi ibu untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Secara tradisional, tubuh dianggap membutuhkan waktu sekitar 40 hari untuk benar-benar pulih dari kondisi pasca melahirkan. Jika Anda melakukan persalinan normal, Anda biasanya perlu istirahat selama 2 minggu. Namun, wanita yang dioperasi caesar harus istirahat setidaknya 1-2 bulan.

  1. Menyusui

Ini merupakan tips sehat yang sangat penting bagi wanita yang baru melahirkan. Banyak wanita enggan menyusui karena takut akan merusak bentuk payudara. Padahal ini sangat penting bagi si ibu dan bayinya. Susu pertama sangat bergizi dan penting bagi bayi. Jika Anda tidak memberikan susu pertama, bayi Anda dapat menderita penyakit kuning. Bahkan Anda dapat menderita nyeri payudara akut. Melewatkan menyusui dapat membangun benjolan di dalam jaringan payudara dan secara bertahap menyebabkan kanker payudara.

  1. Meditasi

Dengan segala tekanan baru yang datang setelah melahirkan, Anda harus mencoba bermeditasi guna  menenangkan pikiran Anda, mengeluarkan segala racun yang ada di dalam tubuh dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dan, tidak ada meditasi yang lebih baik selain beribadah kepada Allah Swt.

Spread the word. Share this post!