Tips Sehat untuk Anak Kost

Menjadi anak kost identik dengan kehidupan yang kurang teratur dalam berbagai hal, mulai dari mengatur jadwal, jam tidur yang tidak menentu, hingga kebiasaan dan jadwal makan yang berantakan. Penelitian membuktikan bahwa hanya sedikit di antara anak kost yang mampu mengatur waktunya dengan baik. Imbasnya, banyak anak kost yang mengabaikan hal-hal penting yang sebenarnya berpengaruh besar terhadap kesehatan dan kehidupannya di masa mendatang. Kebiasaan buruk yang dipupuk sejak mahasiswa oleh anak kost dapat berdampak pada kehidupannya setelah dewasa kelak. Oleh sebab itu, anak kost, utamanya mahasiswa yang hidup jauh dari orang tua sehingga tidak ada sosok yang memonitor rutinitasnya, harus bisa mandiri mengatur kebiasaannya, terutama dalam menjaga kesehatan. Berikut ini akan dibahas tips sehat untuk anak kost.

Berolahraga

Sebagian besar anak kost, utamanya mahasiswa, memiliki rutinitas yang cenderung stagnan dalam kurun waktu tertentu. Mulai dari jam istirahat, kegiatan kampus, hingga kesibukan lain di luar kampus. Kesibukan sebagai anak kost seringkali membuat mahasiswa malas atau tidak sempat melakukan olahraga. Jika kesibukan tidak diimbangi dengan olahraga, maka tubuh berpotensi mengalami drop. Oleh sebab itu, sempatkanlah untuk berolahraga, setidaknya lima belas menit setiap hari. Melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi, bersepeda, atau berlari pagi atau sore di sekitar kost akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh/ fisik.

Baca Juga: 5 Tips Sehat Bagi Orang Sibuk! Praktis dan Simpel

Mengatur Pola Makan

Mahasiswa atau anak kost dikenal memiliki pola makan yang berantakan. Bukan hanya dari sisi jam/ waktu makan yang kurang teratur, pilihan menunya pun seringkali acak, tidak mempertimbangkan gizi, dan cenderung menyesuaikan dengan selera atau budget yang tersedia. Padahal, mengatur pola makan, dalam hal ini waktu makan dan asupan gizi, sangatlah penting dilakukan. Tips sehat dalam mengatur pola makan yang mudah dan murah adalah sebagai berikut: pertama, usahakan sarapan sebelum jam sembilan pagi, yang terdiri dari sayuran atau makanan berbobot sedang seperti bubur atau kacang hijau atau nasi pecel dan tempe. Untuk makan siang atau sore, usahakan memakan menu yang mengandung daging. Sementara untuk malam hari, makanan yang didominasi sayuran sangat direkomendasikan. Hindarilah mengkonsumsi alkohol dan minuman bersoda.

Jam Tidur yang Cukup dan Teratur

Jam istirahat juga harus dijaga. Minimal, dalam sehari manusia harus istirahat setidaknya enam hingga delapan jam. Jangan tidur terlalu larut karena berbahaya bagi kesehatan.  Hidup sehat memang dapat dimulai dari melakukan hal-hal kecil dan sederhana. Berolahraga, mengatur pola makan dan jam tidur mungkin dianggap sepele bagi sebagian besar anak kost. Padahal, kebiasaan ketika muda akan berdampak signifikan bagi kesehatannya di masa kini dan di masa mendatang. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan sejak usia muda harus dilakukan oleh setiap anak kost. Beberapa tips sehat yang telah dijabarkan di atas dapat dijadikan pertimbangan agar anak kost dapat memiliki hidup yang sehat.

 

Spread the word. Share this post!