Tips Sehat untuk Ibu Menyusui yang Perlu Diperhatikan

Memiliki bayi kecil yang masih menyusu ibu pastinya membuat ibu menjadi lebih mengutamakan kesehatan diri sendiri. Pasalnya kesehatan ibu akan sangat berpengaruh pada kondisi ASI yang diberikan pada sang bayi. Dengan ASI yang baik maka ibu akan bisa memberi makanan yang terbaik untuk sang buah hati, begitu juga sebaliknya. Untuk itu ibu dan keluarga wajib mengutamakan kesehatan ibu menyusui baik dari segi makanan hingga aktifitas dan pikiran. Berikut ini adalah beberapa tips sehat yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kondisi ibu menyusui dalam keadaan prima untuk menghasilkan ASI yang berkualitas.

Kondisi pikiran ibu sangat menentukan kesehatannya. Ibu yang memiliki beban pikiran akan cenderung mudah stres sehingga mempengaruhi kesehatannya juga nafsu makan. Bisa jadi karena stres seorang ibu menyusui yang awalnya memiliki ASI dengan jumlah normal, bisa berkurang dalam jumlah yang signifikan. Karenanya ibu menyusui harus jauh dari beban pikiran yang harus diusahakan oleh ibu sendiri dan keluarga agar tidak berpengaruh pada kualitas dan kuantitas ASI yang dihasilkan.

Asupan makanan ibu menyusui juga sangat mempengaruhi kualitas ASI. Ibu menyusui membutuhkan nutrisi dari makanan 2 kali lebih banyak dibandingkan manusia normal lainnya. Nutrisi tersebutlah yang nantinya disalurkan kepada bayi melalui ASI. Tak aneh jika ibu menyusui akan makan dan minum dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan anggota keluarga lainnya. Berikan makanan sehat dengan porsi yang sesuai setiap harinya. Tips sehat yang lain adalah jangan lupa mengkonsumsi susu untuk ibu menyusui dan vitamin seperti asam folat atau madu asli agar kondisi ibu selalu prima.

Ibu menyusui biasanya masih memiliki berat badan yang lebih besar dari biasanya akibat kehamilan. Hal ini mengakibatkan ibu akan sulit bergerak atau beraktivitas. Belum lagi bagi ibu yang melahirkan dengan cara operasi cesar. Namun penting juga untuk ibu agar bisa melakukan olahraga ringan setiap harinya. Olahraga yang dilakukan bisa dengan berjalan santai dengan jarak pendek setiap pagi hari. Atau bisa juga dengan cara menggendong si kecil mandi sinar matahari pagi. Beraktivitas akan membantu kembalinya tenaga ibu serta kekuatan ibu setelah 9 bulan kehamilan dengan bobot badan yang bertambah.

Itulah beberapa tips sehat untuk para ibu menyusui agar dapat memberikan ASI yang berkualitas pada sang bayi. Dengan kondisi ibu yang sehat baik secara fisik maupun psikis maka ASI yang diproduksi bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak baik secara kualitas maupun kuantitas. Jika perlu ibu bisa mengkonsumsi suplemen penambah volume asli seperti ekstra daun katuk yang kini sudah banyak dijual dalam bentuk obat herbal atau membuat ramuannya sendiri dengan merebus daun katuk dan meminum airnya.

 

 

 

Spread the word. Share this post!