Tips Sehat Untuk Menambah Berat Badan

Berat badan dan bentuk tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Sebagian orang mengharapkan memiliki tubuh yang besar, tetapi sebagian orang memimpikan memiliki tubuh yang kecil. Pada dasarnya, ukuran tubuh bukanlah jaminan seseorang bertubuh sehat atau tidak. Kesehatan tubuh secara umum dapat dipelihara dengan menjaga agar berat badan tetap berada dalam batas yang sehat dan normal. Berat badan seseorang dipengaruhi oleh pola makan dan olahraga yang dilakukannya. Untuk anda yang memiliki tubuh kurus/kecil, dapat melakukann beberapa langkah berikut tips sehat untuk menambah berat badan:

Baca Juga : TIPS SEHAT SAAT MUSIM HUJAN

  1. Sarapan
    Sarapan akan menambah energi tubuh dan meningkatkan fokus. Untuk menambah berat badan, pertimbangkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak protein dan nutrisi, seperti roti, jus segar atau susu, telur, buah-buahan serta sayuran.
  2. Snack atau makanan ringan. Jangan lupa untuk menyisipkan dua kali makanan ringan (snack) di antara waktu makan. Bukan snack yang sembarangan, tetapi makanan ringan yang memang bertujuan untuk meningkatkan berat badan secara sehat. Makan makanan ringan akan menambah kalori ekstra untuk tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan ringan seperti keju, cereal yang diperkaya nutrisi, yogurt, biskuit gandum, atau roti.
  3. Ekstra lemak. Lemak memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak tidak sehat, gantikan dengan jenis lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh bisa didapat dari makanan seperti minyak olive, minyak kelapa, alpukat, kacang-kacangan dan ikan yang kaya akan lemak dan omega-3 seperti ikan salmon atau ikan tuna.
  4. Minuman berkalori. Tambahkan lebih banyak kalori tubuh melalui minuman-minuman berkalori tinggi, seperti susu segar murni, jus buah tanpa pemanis buatan, minuman yang mengandung madu juga minuman suplemen atau multivitamin.
  5. Makanan penutup. Sesekali, nikmati makanan penutup setelah makanan utama. Asupan gula berlebih memang kurang baik untuk kesehatan, namun es krim, kue manis, dan juga biskuit akan cukup berperan dalam program anda.
  6. Olahraga atau fitnes. Mengikuti program fitnes untuk meningkatkan berat badan bisa jadi adalah cara yang terbaik. Program tersebut akan memberikan stimulasi pada jaringan otot sehingga dapat berkembang atau tumbuh. Kegiatan tersebut juga akan membantu tulang menyerap lebih banyak kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat dan sehat.
  7. Menyisipkan protein dalam pola makan sehari-hari. Protein akan mengisi jaringan otot sehingga akan membentuk otot tubuh. Sumber energi yang baik bisa didapatkan dari daging, telur, dan kacang polong. Bisa juga didapatkan dari suplemen atau multivitamin. Periksa label produk suplemen sebelum membeli dan pastikan mengandung jumlah protein yang tinggi.

Berikut adalah tips sehat beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menambah berat badan :

  1. Buah dan Sayuran (brokoli, zucchini, wortel, tomat, bayam, jamur, bawang, kacang polong, kacang-kacangan, pisang, pir, plum, almond, kacang tanah, chestnut, aprikot, alpukat)
  2. Susu
  3. Daging dan unggas (salmon, herring, makarel, trout dan sarden yang mengandung kalori yang diperlukan. Selain itu daging tanpa lemak, daging panggang atau ayam rebus juga pilihan makanan sehat)
  4. Produk gandum
  5. Makanan manis

Spread the word. Share this post!