5 Makanan Bergizi Tinggi

Berbicara tentang makanan tentu saja urusannya dengan urusan perut. Memang fungsi dasarnya memenuhi kebutuhan dasar manusia,yaitu makan. Tapi ada baiknya makanan yang masuk ke perut itu bukan sekedar makanan tapi makanan bergizi. Hal ini sangat baik karena akan sangat menunjang pemenuhan zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila itu terpenuhi maka tubuh yang sehat menjadi milik anda. Berikut adalah 5 makanan bergizi tinggi yang bisa anda pilih,yaitu :

Salmon
Lemak pada salmon yang  sangat dibutuhkan oleh pembuluh darah anda. Di Swedia pernah dilakukan penelitian yang menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi sejumlah kecil ikan berlemak  dapat mengurangi resiko mengidap kanker prostat. Mengkonsumsi ikan salmon setidaknya 2 porsi dalam seminggu juga dapat mengurangi resiko kematian  yang diakibatkan penyakit kardiovaskular sampai 17 %. Resiko terkena serangan jantung juga dapat dikurangi sampai 27 %. Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa orang – orang yang memilki kadar asam lemak omega – 3 yang tinggi juga akan terhindar dari kemungkinan terkena depresi ringan atau sedang. Semua ini membuktikan bahwa salmon termasuk makanan bergizi yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Brokoli
Sayuran berbentuk seperti rambut kribo ini ternyata termasuk makanan bergizi tinggi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.  Brokoli merupakan sumber kalsium dan potasium yang melimpah. Hal ini baik untuk kualitas tulang dan tekanan darah anda. Kandungan vitamin C dan beta karotennya juga sangat baik untuk melindungi mata anda dari katarak dan melindungi sel otak dari kerusakan memori akibat radikal bebas. Brokoli juga termasuk anti kanker yang sangat baik.  Hal ini dikarenakan brokoli mengandung sulforaphanne yang berfungsi untuk meningkatkan produksi enzim yang membersihkan senyawa penyebab kanker.

Alpukat
Di balik rasanya yang enak, alpukat ternyata sangat baik untuk tubuh. Kandungan lemak pada alpukat ternyata bisa untuk menurunkan kolesterol anda.  Kandungan lemak tak jenuh tunggal aplukat juga bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung hingga 30%. Selain itu, alpukat juga mengandung beta – sitosterol, glutathione (senyawa antikanker) dan antioksidan yang tinggi.

Cokelat hitam
Sebuah penelitian menemukan bahwa resiko terkena serangan jantung dapat dikurangi hingga 10 % dengan mengkonsumsi 45 gram cokelat hitam. Kandungan flavonoid,antioksidan pada cokelat hitam dapat memperbaiki tekanan darah, mencegah pembekuan darah, memperlambat oksidasi kolesterol dan mengurangi peradangan.

Kacang
Kacang mengandung serat larut,yang menyerap kolesterol,membuangnya sebelum menempel ke dinding arteri. Ini berarti kacang sangat bagus untuk kesehatan jantung anda. Serat larut kacang juga dapat mengurangi kolesterol 10 – 15 %. Baru – baru ini,sebuah studi menempatkan kacang termasuk makanan antioksidan teratas.

Bagaimana,sudah ada gambaran makanan bergizi mana yang akan anda konsumsi hari ini ?

Spread the word. Share this post!