5 Manfaat Bermain Skateboard

Skateboard

source: pinterest.com

Pemain skateboard atau papan luncur dikenal dengan sebutan skaters, dan menjadi favorit anak-anak muda zaman sekarang. Permainan skateboardĀ ini kali pertama dikenal di pertengahan abad ke-20 dan tepatnya terjadi di California. Pencetus nya merupakan penggiat atau pecinta olahraga papan selancar dan saat tidak berada di laut mereka mencoba mencari alternatif. Sehingga mendapatkan sensasi serupa seperti berselancar air, yakni memakai papan yang ditambahkan dua pasang roda di bawahnya.

Setelah sekian tahun olahraga dengan papan beroda ini semakin berkembang dan semakin populer bahkan di lintas negara. Indonesia pun mengenal olahraga ini terutama di kalangan anak muda yang mencoba mendapatkan olahraga seru dan mengasyikan. Kini permainan dengan papan seluncur ini memiliki banyak variasi gaya sehingga membuatnya semakin menarik karena efektif memacu adrenalin. Bahkan bagi semua pecinta nya menjadikan permainan papan beroda ini bukan sekedar hobi melainkan sebuah gaya hidup.

Manfaat Dibalik Olahraga Papan Beroda

Bagi siapa saja yang merasa tertarik menjadi skaters maka tidak usah berpikir sekian kali untuk segera mencobanya langsung. Namun pastikan memilih papan terbaik dan belajar dari ahlinya, jika sudah lihai maka bisa menambah keterampilan dalam mengkreasikan gerakan. Apalagi olahraga asyik ini memberikan manfaat berlimpah, seperti:

  1. Menjadikan tubuh lebih bugar,

Olahraga satu ini akan melatih bagian kaki dan punggung penikmatnya, dan jika dilakukan teratur akan membuat tubuh semakin bugar. Selain bisa memperbaiki kesehatan tubuh sekaligus mendapatkan kebahagiaan setiap kali bermain.

  1. Meluaskan wawasan dan pertemanan,

Menjadi salah satu diantara sekian skaters sudah tentu akan mulai tertarik untuk masuk ke salah satu komunitas skateboard. Toh, seringnya skaters akan belajar teknik dasar dan pengembangannya dari skaters lain. Sehingga sejak awal memang sudah bergabung dengan salah satu komunitas, yang nantinya bisa memperluas wawasan dan pertemanan. Pasalnya di komunitas biasanya terdapat banyak anggota dan kadang dari daerah berbeda sehingga semakin banyak teman yang dimiliki.

  1. Melatih kesabaran,

Mengendalikan papan memanjang dan ditambah dengan roda di bagian depan dan belakang tentu bukan perkara mudah. Seseorang kadang harus jatuh bangun berulang kali dan setelah sekian bulan bahkan tahun baru bisa melakukan pengendalian pada papan tersebut. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa dengan bermain atau berolahraga satu ini akan membantu melatih kesabaran. Sangat cocok bagi siapa saja yang butuh terapi kesabaran namun wajib punya nyali.

  1. Menjadi sosok yang rendah hati,

Banyak orang menganggap menjadi seorang skaters adalah suatu hal yang super keren dan tidak banyak yang berhasil menjadi salah satunya. Maka bisa dikatakan sebagai prestasi tersendiri dan memang patut bangga dengan hal tersebut. Apalagi jika berhasil melakukan gerakan atau trik yang belum tentu bisa dilakukan skaters lain. Akan tetapi mayoritas skaters justru tidak pernah menyombongkan keahliannya, karena kesombongan justru membuat pengendalian papan berkurang dan membahayakan diri sendiri.

  1. Menjadi pribadi yang lebih berani,

Banyak orang memutuskan mundur menjadi seorang skaters sebab termasuk olahraga yang sukses memacu adrenalin ke limit tertinggi. Resiko terjatuh sampai terlempar menjadi hal lumrah dan wajib siap untuk menghadapinya. Maka menjadi skaters menunjukan bahwa sudah menjadi sosok yang berani sebab berhasil mengalahkan ketakutan terbesar. Yakni mengalami kecelakaan fatal akibat menghantam aspal atau dinding beton, namun bermain skateboard tetap menyenangkan dan dijamin puas dengan prestasi dan sensasi yang didapatkan.

Spread the word. Share this post!