6 Pola Hidup Sehat untuk Cegah Anak Mengalami Obesitas

Di beberapa negara maju tingkat obesitas atau berat badan berlebih memang semakin tinggi, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu hidup yang nyaman, semuanya terjamin membuat banyak orang malas bergerak dan hobby makan. Patut untuk diketahui bahwa berat badan berlebih ini menjadi salah satu faktor berbahaya bagi kesehatan Anda. Karena berbagai macam jenis penyakit sangat rentan menjangkiti mereka yang memiliki berat badan berlebih ini.

Faktanya juga, bahwa berat badan berlebih tak hanya diderita oleh orang-orang dewasa saja, melainkan juga bisa terjadi pada anak-anak, mulai dari usia bayi. Tentunya akan sangat berbahaya bagi mereka jika tak segera ditolong. Sebenarnya orang tua sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam mendeteksi kemungkinan-kemungkinan berat badan berlebih ini. Ketika sudah timbul gejala-gejalanya sebaiknya mulai diatasi, sehingga tak berdampak buruk untuk beberapa tahun kedepan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan untuk mencegah obesitas pada anak-anak, maupun orang dewasa, diantaranya adalah:

Baca Juga: OBESITAS TERNYATA MEMBUAT PENDERITA KANKER JADI SUSAH SEMBUH

  1. Lebih diutamakan untuk memberikan ASI kepada bayi dibandingkan dengan susu formula, ASI memiliki kandungan yang jauh lebih lengkap dan juga seimbang untuk bayi. Begitu juga dengan penyerapan nya yang lebih cepat dibandingkan dengan konsumsi susu formula. Kebanyakan diantara susu formula yang dijual di pasaran menambahkan kandungan glukosa di dalamnya yang bisa memicu peningkatan berat badan anak.
  2. Akan lebih baik mengijinkan buah hati untuk beraktivitas di luar ruangan bersama dengan anak-anak yang lainnya dibandingkan hanya duduk diam di dalam rumah, karena dengan bergerak sebenarnya memberikan banyak manfaat salah satunya adalah untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh.
  3. Atur kebiasaan makan bersama-sama dengan keluarga, sehingga antara satu orang dengan yang lainnya nanti bisa mengoreksi jumlah dan susunan menu yang masuk kedalam tubuh, hal ini membuat asupan makanan terjaga dengan seimbang.
  4. Kurangi kebiasaan buah hati dalam menonton TV, karena tayangan yang ada di TV sangat rentan menyebabkan anak-anak menjadi kecanduan, ketika sudah semacam ini akan diimbangi dengan ngemil, tanpa bergerak, sehingga berat badan juga semakin tinggi.
  5. Biasakan makan secara perlahan, faktanya ketika Anda makan tanpa dikunyah dengan benar maka akan membuat tubuh merasa kurang, berbeda ketika mengunyah nya dengan perlahan, porsi yang masuk kedalam tubuh akan semakin sedikit, hal inilah yang membuat timbunan kalori juga tak berlebih.
  6. Hanya makan saat lapar saja, jangan paksakan diri untuk mengkonsumsi semua jenis makanan yang terlihat enak, namun sebenarnya tak Anda butuhkan.

Mudah bukan, kebiasaan-kebiasaan baik tersebut akan mencegah buah hati mengalami obesitas, ingat bukan hanya masalah penampilan, melainkan juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

 

Spread the word. Share this post!