7 Gaya Hidup Modern yang Mempengaruhi Remaja Masa Kini

Seperti yang kita ketahui, masa remaja merupakan masa dimana setiap insan sedang mencari jati dirinya. Dalam masa tersebut, terdapat hal negatif maupun hal positif, keduanya dapat berpengaruh pada masa remaja. Salah satu nya berkaitan dengan gaya hidup yang semakin berkembang seiring perkembangan zaman dan teknologi modern. Adapun beberapa gaya hidup modern terhadap remaja, antara lain:

7 Gaya Hidup Modern yang Mempengaruhi Remaja Masa Kini

  1. Mempermudah Komunikasi

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, manusia semakin mudah berinteraksi dan berkomunikasi antar sesama dengan menggunakan alat komunikasi. Hampir seluruh remaja menerapkan gaya hidup modern dengan menggunakan alat komunikasi canggih yang sudah banyak diciptakan. Selain itu, pihak orang tua juga merasa mudah dalam mengawasi dan berkomunikasi dengan anak-anaknya tanpa harus berada langsung di sisi mereka.

  1. Mencari Informasi Melalui Internet

Gaya hidup modern berikutnya yaitu kemudahan para remaja dalam mencari informasi melalui internet, baik mengenai pelajaran sekolah, artis idola, dan lain sebagainya. Tentunya penggunaan internet sendiri memiliki dampak negatif dan juga dampak positif bagi para remaja masa kini. Namun, sebagai remaja yang baik sudah sepantasnya bersikap selektif untuk mengambil sisi positif dari penggunaan internet tersebut. Salah satunya yaitu mencari informasi seputar pelajaran sekolah ataupun hal positif lainnya yang bisa diakses melalui smartphone.

  1. Memperluas Jaringan Pertemanan

Di era millenial seperti saat ini, gaya hidup modern yang dialami para remaja sangatlah beragam. Salah satunya yaitu penggunaan media sosial yang memiliki dampak negatif dan juga positif terhadap remaja. Dampak positif yang bisa diambil oleh para remaja yaitu mudahnya menjalin sekaligus menambah jaringan pertemanan diantara pengguna media sosial. Namun, media sosial sendiri juga terdapat dampak negatif yang kerap membahayakan para remaja.

  1. Menurunnya Konsentrasi Belajar

Gaya hidup modern para remaja masa kini kerap kali memberi dampak buruk, salah satunya yaitu menurunkan konsentrasi belajar remaja tersebut. Mereka terlena dengan dunia teknologi yang semakin hari semakin mempermudah kehidupan manusia. Tak jarang kita menjumpai para remaja yang asyik nongkrong ataupun bersenang-senang tanpa memikirkan tugas sekolah yang menumpuk di rumah.

  1. Hidup Kebarat-baratan

Selanjutnya, gaya kebarat-baratan juga kerap kali mempengaruhi gaya hidup para remaja saat ini. Dari segi berpakaian, tingkah laku, bahkan cara berbicara orang barat juga mereka ikuti demi mengimbangi gaya hidup modern yang sedang tren. Terlebih lagi, sudah banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain game online ataupun sekedar chatting di media sosial.

  1. Seks Bebas Pra Nikah

Gaya hidup modern para remaja juga seringkali tak terkontrol atau diluar batas pengawasan orang tua. Tak jarang juga gaya hidup yang mereka jalani dapat merusak moral sekaligus kehidupan mereka sendiri, salah satunya hamil di luar nikah. Hal ini tentunya menjadi masalah besar yang dapat menghancurkan masa depan remaja tersebut.

Spread the word. Share this post!