Apakah Anda Termasuk Seorang Hedonisme? Kenali Dulu Ciri-cirinya!

Gaya hidup manusia mencangkup berbagai macam hal, tak hanya pola makan saja, melainkan juga cara mengatur keuangan hingga tingkah laku sehari-hari. Banyak orang yang sudah mengaku sehat secara fisik, namun tidak dengan mental mereka. Begitupun sebaliknya, mungkin sudah sering diantara Anda yang mendengar tentang hedonisme, salah satu gaya hidup yang banyak diaplikasikan oleh masyarakat modern sekarang ini, senang berfoya-foya tanpa mempertimbangkan masa depan, sehingga membuat hari esok juga tak jelas akan dibawa kemana.

Sifat hedon semacam ini pada dasarnya memang bawaan bagi manusia, namun ada yang bisa mengendalikannya, namun juga ada yang tak bisa mengendalikan diri, sehingga menjadi berlebihan. Tak ada yang melarang ketika seseorang memiliki uang, maka bisa sesuka hati menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan. Namun ada kalanya hal yang Anda lakukan tersebut sudah melebihi batas toleransi. Sehingga seseorang dikatakan hedonisme. Lalu bagaimanakah ciri dari orang-orang hedon tersebut? Berikut ini yang harus diketahui:

Baca Juga: HEDONISME MEMBUAT HAPPY ATAU MALAH RUGI?

  1. Ketika mendapatkan gaji, hal apa yang akan Anda lakukan, sebagian orang memilih untuk menyimpannya dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. ini adalah perilaku yang normal, namun ada beberapa orang yang justru langsung menghabiskan uang tersebut untuk kebutuhan yang tak penting, seperti diantaranya adalah makan-makan atau belanja ke mall. Mereka yang memiliki kebiasaan tersebut masuk dalam kategori hedon.
  2. Gaya hidup yang konsumtif, yaitu ketika pengeluaran jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pemasukan, tentunya banyak diantara Anda yang mengalami hal tersebut, dimana ketika jumlah kebutuhan penting maupun tak penting dijumlahkan nilainya bisa minus ketika dikurangkan dari pendapatan. Mulai ubah gaya hidup jika tak ingin terlilit hutang.
  3. Berani bertindak kriminal hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, ketika perilaku hedon sudah di luar batas, maka inilah yang terjadi, yaitu menghalalkan segala cara untuk bisa hidup bahagia, diantaranya adalah dengan mencuri atau korupsi. Mereka yang sudah masuk dalam kategori ini bisa terjerat hukum.
  4. Sikap individualisme yang sangat tinggi, terlalu mementingkan diri sendiri dibandingkan dengan orang lain, ketika Anda memiliki uang dalam jumlah banyak, namun enggan untuk menyisihkan sedikit saja guna sedekah, lebih memilih menggunakannya untuk kesenangan sendiri. Mereka termasuk orang-orang yang hedonis.
  5. Males untuk menghasilkan uang, memiliki tingkat produktivitas yang sangat rendah, namun senang dalam menghambur-hamburkan uang juga tergolong sebagai seorang hedonis.

Jadi mulai introspeksi diri sendiri apakah Anda termasuk golongan hedonisme atau tidak, karena pada dasarnya seseorang tak tau bahwa sifat hedonis tersebut sudah muncul dalam diri mereka. Jika perlu maka Anda juga bisa meminta tanggapan orang lain mengenai perilaku hidup yang Anda jalani tersebut agar lebih ‘sehat’ kedepannya.

 

Spread the word. Share this post!