Beberapa Aktivitas Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat adalah komitmen panjang dalam memanfaatkan kesehatan tubuh maupun kehidupan kita. Meninkatkan kesehatan tubuh baik secara mental maupun emosional yang turur memberikan pengaruh positif terhadap kita dan kehidupan di sekeliling kita. Banyak yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat, dalam hal ini perlu disesuaikan antara usia, jenis kelamin, kesehatan dan kebiasaan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa cara dalam menerapkan gaya hidup sehat :

Beberapa Aktivitas Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat

  • Mengecek kondisi kesehatan tubuh dengan melakukan perawatan tertentu.

Melakukan pengecekan tubuh sebulan sekali atau sesuai yang dijadwalkan bisa lebih mengontrol tubuh anda, mengetahui keadaan fisik anda apa yang perlu untuk dilakukan, bertanya kepada dokter seandainya ada beberapa keluhan, mintalah saran dari dokter untuk memulai gaya hidup sehat.

  • Mengatur pola makan dengan sehat dan benar.

Cobalah membuat daftar makanan yang sehat dan baik untuk tubuh, makanan berserat yang anda konsumsi setiap hari. Hal ini untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang seharusnya dan tidak seharusnya anda konsumsi. Makanan yang perlu dicerna yaitu makanan yang mengandung nilai gizi dan baik untuk kesehatan. Kemudian cobalah untuk berdiskusi dengan dokter terkait makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan makanan yang seharusnya dijauhi untuk meningkatkan kesehatan anda. Atur juga asupan makanan yang perlu dikontrol.

  • Banyak melakukan kegiatan fisik dan cobalah mengelola stres.

Lakukan kegiatan yang bisa mengurangi tingkat stres anda, seperti melakukan aktivitas olahraga jogging, aerobik. Sisihkan waktu dua setengah jam per minggu untuk berolahraga. Ditambah lagi dengan melakukan aktivitas penguatan otot, seperti push up ataupun sit up, lakukan semua kegiatan tersebut dengan rasa senang dan nyaman. Tak lupa pula selipkan yoga sebagai alat meditasi dari rasa stres. Tingkatkan kualitas remosi anda dengan melakukan latihan pernafasan dan selalu kelola pikiran anda agar terhindar dari pengaruh negatif. Ingat ada banyak hal positif yang bisa anda lakukan untuk mengurangi tingkat stres dan mensyukuri setiap hal yang sudah anda capai dalam hidup ini.

  • Perbaiki waktu tidur

Buatlah jadwal tidur yang stabil. Jangan melakukan kegiatan berat sekitar dua jam sebelum anda akan tertidur, biarkan pikiran tetap rileks sehingga membuat anda nyaman saat tertidur.

  • Tingkatkan komunikasi dengan lingkungan sekitar

Gaya hidup sehat juga perlu dimulai dari lingkungan. Interaksi sosial juga sangat penting karena dapat meningkatkan tingkat keseimbangan emosi anda. Dengan saling berinteraksi berarti kita telah melakukan perubahan diri sendiri, adanya rasa kepekaan terhadap sesama, hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental anda.

Melakukan gaya hidup sehat sangat besar masfaatnya untuk kehidupan lebih panjang anda. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa berjalan kaki minimal selama 30 menit setiap hari mampu menurunkan resiko terhadap kematian usia dini. Sehingga, jangan ragu lagi ubah gaya hidup anda yang lama menjadi gaya hidup yang sehat dan berkualitas.

Spread the word. Share this post!