Belajar Hidup Sederhana Dari Orang-Orang Hebat Di Dunia

Cara hidup seseorang bisa menunjukkan karakter orang tersebut dalam menjalani kehidupan. Setiap individu bebas memilih cara atau gaya hidup baik modern maupun sederhana. Sebagian orang yang merasa dirinya pandai dan kaya cenderung memilih gaya hidup modern karena merasa mampu dalam melakukan apa saja dan membeli apa saja. Namun, banyak orang-orang hebat di dunia yang memilih hidup sederhana sebagai gayanya karena mereka lebih merasa bahagia dengan kehidupan yang biasa saja dan dapat berbaur dengan masyarakat tanpa ada sekat. Berikut ini beberapa pelajaran dari orang-orang hebat di dunia, khususnya dengan cara hidup yang dijalaninya, di antaranya:

Belajar Hidup Sederhana Dari Orang-Orang Hebat Di Dunia

Bersifat Rendah Hati

Para orang super kaya yang sederhana cenderung bersifat rendah hati seperti Amancio Ortega, sang pendiri Zara yang tidak pernah sungkan untuk makan siang di kafetaria bersama karyawannya.

Hidup di bawah Kemampuan

Beberapa orang-orang hebat di dunia yang memilih hidup sederhana memenuhi kebutuhannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan saja, seperti Warren Buffetyang memiliki kekayaan hingga 68,1 miliar USD atau setara dengan 919,35 triliun rupiah hanya membeli sebuah rumah lama seharga 31.500 USD yang dibelinya dari tahun 1958 dan ditempati hingga saat ini.

Berpenampilan Sederhana

Penampilan bukanlah hal yang paling penting bagi orang-orang yang memilih hidup sederhana. Orang-orang hebat di dunia yang super kaya tidak terlalu peduli dengan tampilan luar mereka, seperti Mark Zuckerberg yang hanya mengenakan kaos hitam atau abu-abu dalam kesehariannya.

Tidak Manja

Orang-orang kaya di dunia yang memilih kesederhanaan dalam menjalani hidup biasanya tidak manja akan keadaan yang ada, seperti Ingvar Kampard yang merupakan pendiri IKEA dengan total kekayaan bersih mencapai 39,4 miliar USD lebih sering menggunakan angkutan umum dalam bekerja maupun beraktivitas sehari-hari.

Senang Beramal

Salah satu orang hebat di dunia adalah Bill Gates yakni pendiri Microsoft dikenal memiliki style hidup sederhana dan senang beramal. Beliau menyumbangkan sebagian kekayaannya untuk kegiatan kemanusiaan sebesar 4,6 juta USD.

Dukungan terhadap Hidup Hemat Energi

Beberapa orang hebat yang super kaya di dunia sangat menyukai hidup hemat energi dan hidup efisien. Salah satu orang tersebut adalah Azem Premiji asal India yang selalu mengingatkan karyawannya agar mematikan lampu jika tidak diperlukan. Beliau juga lebih memilih pesawat kelas ekonomi dan membeli mobil bekas.

Bawa Bekal Makan Siang

Para orang hebat di dunia yang hidup sederhana selalu membawa bekal makan siang dari rumah sebagai bentuk penghematan dan membentuk kebiasaan non-konsumtif. Selain itu, dengan membawa bekal makan siang akan menghemat waktu Anda saat bekerja sehingga tidak perlu mencari tempat makan di luar.

Tanpa Ada Hutang Kartu KreditPara orang super kaya yang hidup sederhana sangat jarang membawa uang tunai berjumlah besar. Mereka selalu membayar tagihan kartu kredit dengan penuh sehingga tidak perlu membayar bunga kartu kredit.

Spread the word. Share this post!