Bergelimang Harta, Mengapa Malah Pilih Hidup Sederhana?

Tentunya Anda tahu bukan siapa itu Warren Buffett dan juga Mark Zuckerberg? Keduanya merupakan salah satu orang terkaya di dunia yang memiliki kekayaan lebih dari US$ 50 miliar. Namun, keduanya justru memiliki kebiasaan untuk hidup hemat dan juga sederhana. Baik dari segi berpakaian, tempat tinggal, dan lain sebagainya tidaklah mahal bahkan tidak bermerek ternama. Lantas, mengapa demikian? Berikut beberapa alasan dibalik kebiasaan hidup sederhana para orang kaya yang dijelaskan oleh Dosen University of Georgia, Thomas Stanley, antara lain.

Bergelimang Harta, Mengapa Malah Pilih Hidup Sederhana?

Tumbuh di lingkungan yang sederhana

Alasan pertama yang menjadi faktor kebiasaan hidup sederhana yang dilakoni para miliarder yaitu mereka tumbuh dan besar di keluarga yang menerapkan prinsip kesederhanaan dan menghargai uang. Ada beberapa miliarder yang memang berasal dari keluarga kelas menengah. Masa kecilnya selalu diajarkan keluarganya untuk bersikap bijak dalam menggunakan uang. Namun, tak sedikit juga orang-orang yang mementingkan gengsi demi terlihat kaya raya.

Mereka mengerti arti kekayaan

Memiliki banyak harta tidak menjadikan para miliarder tersebut seorang yang selalu kaya raya. Mengapa? Mereka tahu bahwa kekayaan jumlah besar yang diperoleh hanyalah sementara jika dihambur-hamburkan secara percuma. Oleh sebab itu, tak jarang para miliarder memilih untuk menginvestasikan hartanya untuk kepentingan utama seperti menabung, membuka bisnis, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa daftar orang terkaya di dunia yang memilih gaya hidup sederhana, antara lain.

  1. Warren Buffet

Orang terkaya di dunia yang satu ini juga menerapkan gaya hidup sederhana dalam kehidupannya. Sudah lebih dari 50 tahun, dia tinggal di rumah yang sederhana dan jauh dari kemewahan. Warren merupakan salah satu investor paling sukses di dunia. Beliau mulai berinvestasi pada usia 11 tahun, dan tak pernah patah semangat dalam bekerja keras hingga usianya sekarang 85 tahun. Kekayaannya mencapai US$ 60,8 miliar.

  1. Mark Zuckerberg

Zuckerberg merupakan orang terkaya nomor enam di dunia yang sudah berhasil menciptakan facebook. Media sosial yang diciptakannya berhasil menarik perhatian publik dan ia sukses meraih kekayaan sebesar US$ 44,6 miliar. Meskipun tergolong muda dan kaya, Zuckerberg juga melakoni gaya hidup sederhana.

  1. Amancio Ortega

Amancio merupakan salah satu orang paling kaya nomor tiga di dunia. Kekayaannya mencapai US$ 82,3 miliar. Namun, kekayaan yang ia miliki tidak mengubah gaya hidup sederhana yang Amancio lakukan. Beliau juga tidak segan untuk bergabung atau sekedar berinteraksi dengan para karyawannya di kantor pusat Zara.

  1. Bill Gates

Selanjutnya, Bill Gates merupakan orang paling kaya sedunia yang sangat dikenal gemar sekali beramal atau bersedekah. Pada tahun 2017 silam, beliau menyumbangkan sebagian kekayaannya senilai US$ 4,6 juta untuk kegiatan kemanusiaan. Orang yang benar-benar kaya adalah orang yang senang memberi, hal tersebut yang dapat dipetik dari kehidupan Bill Gates.

Spread the word. Share this post!