Berita Terbaru Peraturan Jam Kerja PNS

Berita terbaru yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah mengenai jam kerja PNS berbeda dengan jam peraturan pegawai swasta. Jam kerja untuk pegawai negeri sipil sudah diatur dalam pasal yang mengatur disiplil Pegawai Negeri Sipil yang mewajibkan para pegawai masuk kerja dan harus mematuhi semua ketentuan jam kerja yang sudah diberlakukan.

Ketentuan Jam Kerja PNS

Ketentuan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) ditentukan pada pasal 2 yang isinya menjelaskan jumlah hari jam kerja  yang efektif bagi PNS adalah 5 hari, yaitu mulai dari hari senin sampai kamis. Sedangkan lamanya waktu bekerja dijelaskan juga dalam pasal 1 yaitu sebanyak 37,5 jam.

Hari senin sampai hari kamis jam kerja dimulai dari pukul 07.30 – 16.00. Sedangkan waktu istirahat mulai dari pukul 12.00 – 13.00. Berbeda dengan hari lainnya, pada hari jumat jam kerja dimulai dari pukul 07.30 – 16.30 dan waktu istirahat mulai dari pukul 11.30 – 13.00.

Walaupun sudah ada aturan jam kerja, namun tidak menutup kemungkinan ada PNS yang mengharuskan bekerja melebihi waktu yang sudah diatur. Misalnya pegawai negeri di Kemen PAN-RB umumnya memiliki jam kerja lebih yaitu 40 jam.

Berita terbaru penerapan jam kerja baru PNS di pemerintah kota Blora diatur berdasarkan peraturan bupati (Perbub), Nomor 46 tahun 2015. Yaitu hari kerjanya dimulai dari hari senin samapai kamis mulai dari pukul 17.00 – 15.30. sedangkan jam istirahatnya dimulai dari pukul 12.00 – 12.30. Sedangkan pada hari jumat jam kerja dimulai dari pukul 06.00 – 11.30.

Baca Juga: 3 GAYA HIDUP YANG ANDA HARUS TERAPKAN

Ketentuan Ketidakhadiran Kerja PNS

Selain peraturan mengenai hari dan waktu jam kerja PNS, ada juga peraturan lainnya yaitu mengenai peraturan jika PNS tidak hadir karena beberapa alasan. Apabila PNS berhalangan masuk kerja maka ia wajib memberi kabar kepada pejabat yang berwewenang.

Sedangkan jika ia terlambat masuk kerja atau pulang lebih cepat maka jam kerjanya akan dihitung secara akumulatif dn dikonversi 7,5 jam atau sama saja dengan tidak masuk kerja selama satu hari.

Ketentuan waktu kerja PNS diatur dalam Keputusan Presiden, Nomor:68 tahun 1995 yang isinya menjelaskan tentang hari kerja PNS di lingkungan pemerintah daerah. Adapun peraturannya tercantum dalam pasal 1 dan 2.

Pada pasal satu dijelaskan bahwa hari kerja seluruh PNS yang kerja di lembaga pemerintahan baik pemerintahan pusat maupun daerah jam kerjanya sudah ditetapkan selama 5 hari kerja yaitu dari hari senin sampai hari jumat.

Demikian informasi yang kami berikan mengenai peraturan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan sampai tertinggal berita terbaru lainnya seputar dunia kerja PNS.

Spread the word. Share this post!