Cara Diet Sehat dalam Islam

Banyak orang yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal sehingga melakukan bermacam-macam diet. Akan tetapi mereka yang melakukan diet tidak tahu cara diet sehat sehingga hasil dietnya pun tak seperti yang diharapkan, dan justru memperburuk keadaan karena menderita anorexia.

Untuk melakukan diet, tentunya harus terprogram dan tidak asal-asalan, karena diet bukan hanya berbicara tentang menguruskan badan tapi juga bagaimana agar tubuh bisa sehat. Salah satu cara diet sehat yang bisa dilakukan adalah sebagaimana telah dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW:

Mengkonsumsi Makanan Halal

Mengkonsumsi makanan halal sangatlah penting, makanan halal di sini bukan hanya makanan yang bebas dari najis, akan tetapi juga makanan yang didapatkan atau dibeli dengan cara halal. Makanan yang halal, insya Allah akan membuat tubuh jadi sehat dan terbebas dari penyakit.

Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang

Rasulullah telah mengajarkan bahwa cara makan yang baik adalah dengan makan sebelum lapar, serta berhenti sebelum kenyang. Dengan cara makan seperti ini, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh akan lebih terkontrol, tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu kurang.

Sepertiga Makanan, Sepertiga Air, Sepertiga Udara

Rasulullah juga mengajarkan bahwa perut seyogyanya diisi makanan sepertiga bagian saja, sepertiga lainnya diisi dengan air, dan sepertiga lainnya diisi dengan udara. Konsumsi makanan ini sama halnya dengan memberikan waktu bagi perut untuk mencerna makanan dengan baik, sehingga tidak mengganggu kesehatan.

Baca Juga:MAKANAN DIET YANG SEHAT

Tidur dan Istirahat dengan Benar

Tidur yang baik adalah dengan menghadap ke kanan, karena posisi tidur seperti ini membantu sistem pernapasan dan sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik. Selain itu, tidurlah di waktu yang tepat, jangan tidur setelah makan, karena hal ini akan membuat cepat gemuk khususnya pada bagian perut yang membuncit.

Puasa

Lakukan puasa-puasa sunah, seperti puasa senin-kamis. Niatkan puasa ini karena Allah bukan karena ingin diet. Tubuh yang sehat dan menjadi langsing adalah efek atau manfaat dari puasa. Puasa membantu tubuh untuk bisa mengatur jadwal makan lebih teratur.

Berpikir Positif

Berpikiran positif dapat membantu menghindarkan tubuh dari penyakit, karena sesungguhnya datangnya penyakit ke dalam tubuh kebanyakan adalah penyakit yang datang dari pikiran. Oleh karena itu, apabila menghadapi masalah atau kejadian, seyogyanya hadapi dengan tenang, agar bukan tubuh saja yang diet, tapi pikiran pun harus diet dari memikirkan hal-hal negatif.

Cara diet sehat ala Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah ini memang tidak memberkan hasil yang cepat, akan tetapi segala sesuatu tentunya butuh proses dan sabar, karena diet yang baik adalah bagaimana belajar mengendalikan nafsu sepanjang waktu, bukan hanya ketika ingin kurus semata. Oleh karena itu, jaga selalu kesehatan dengan cara yang telah dicontohkan Rasulullah, bukan hanya menjadikan tubuh sehat, namun juga insya Allah hidup penuh berkah.  

Spread the word. Share this post!