Cara Diet Sehat Ibu Menyusui

Masa-masa setelah melahirkan akan membuat bobot sang ibu cenderung meningkat dan bentuk tubuhnya cenderung berisi. Hal tersebut tidak jarang membuat perempuan yang habis melahirnya menjadi tidak percaya diri akan bentuk tubuhnya yang berubah drastis. Tidak jarang, perempuan yang baru melahirkan akan menempuh cara diet untuk mengembalikan bentuk tubuhnya sebagaimana sebelum masa kehamilan dan ingin mengurangi berat badannya agar ideal dan enak dipandang. Akan tetapi, upaya tersebut seringkali harus ditahan karena kewajiban menyusui yang mengharuskan sang ibu tetap mengkonsumsi makanan bernutrisi dalam kadar yang cukup agar kualitas ASInya terjaga dengan baik dan keluar dengan lancar. Bagi ibu menyusui yang ingin melakukan diet tanpa khawatir akan merusak kualiats ASI, dapat menempuh cara diet sehat secara alami. Berikut ini kiat-kiat diet alami untuk ibu menyusui agar tetap sehat.

Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan merupakan metode diet paling sederhana. Mengatur pola makan bukan hanya berarti menentukan jadwal makan dan mematuhi jadwal makan yang sudah dibuat tersebut secara teratur, namun mengatur pola makan juga berarti mengatur jenis-jenis ndan menu makanan yang harus dikonsumsi dalam seminggu ke depan, yang disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi sang ibunda yang sedang menyusui. Sebagai contoh, dalam sehari, ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi, seperti sayuran dan daging. Agar menu tersebut tidak berpotensi membuat berat badan naik secara drastis, bunda harus mengatur jadwal menu. Misalnya, dengan menyertakan menu buah dan sayuran pada pagi hari untuk mengatasi sembelit, makan daging dengan lemak rendah pada siang hari yang dikombinasikan dengan sayuran segar, dan pada malam hari harus mengkonsumsi menu yang mengandung sayuran untuk memperlancar pencernaan setelah bangun tidur. Mengatur pola makan seperti demikian merupakan cara diet sehat paling sederhana. Ibu yang sedang menyusui tidak perlu mengkonsumsi pil pelangsing atau obat pelangsing yang mengandung zat kimia, sehingga cukup aman untuk menjaga kualitas dan rasa ASI.

Baca Juga:CARA DIET SEHAT DALAM ISLAM

Diet dengan Olahraga atau Yoga

Berolahraga atau melakukan yoga merupakan metode ampuh untuk mengurangi berat badan yang tidak ideal pasca melahirkan. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh biasanya disebabkan oleh kurangnya si ibu melakukan aktifitas selama masa kehamilan, sehingga setelah melahirkan, berat badannya tidak ideal dan cenderung gemuk. Untuk mengembalikan bentuk tubuh menjadi ideal, seorang ibu yang sedang berada dalam masa menyusui dianjurkan rutin berolah raga ringan, seperti lari pagi, jalan santai, dan senam. Olahraga ringan tersebut tidak akan menguras fisik si ibu, sehingga tetap bisa menyusui sebagaimana biasanya tanpa merasa kelelahan. Begitu pula dengan yoga. Gerakan-gerakan yoga dirancang untuk tidak terlalu menguras fisik, melainkan bertujuan agar lebih mudah dalam mengendalikan diri, terutama dalam mengatur emosi dan pernafasan. Menempuh metode diet dengan olahraga atau yoga merupakan cara alami yang tidak akan memberatkan ibu yang sedang menyusui.

Hal terpenting yang harus dicamkan setiap ibu menyusui yang ingin melakukan cara diet sehat alami adalah niat dan kesungguhan. Tanpa didasari oleh niat yang teguh, program diet yang sudah dirancang tidak akan berhasil.

Spread the word. Share this post!