Cara Menghindari Pengaruh Buruk Pergaulan Remaja

Di zaman yang serba modern ini narkoba dan remaja tidak memiliki celah yang terlalu lebar. Narkoba selalu dekat dengan pergaulan remaja. Jika hal tersebut tidak membuat Anda sebagai orang tua waspada maka besar kemungkinan anak remaja Anda akan terpengaruh dan juga terjerumus. Oleh karena itu wajib Anda ketahui beberapa cara berikut ini, agar anak remaja kesayangan Anda tidak masuk ke dalam lubang pergaulan bebas.

Cara Menghindari Pengaruh Buruk Pergaulan Remaja

Menanamkan Sikap Hormat dan Kasih Sayang Terhadap Orangtua

Salah satu hal yang dapat menyebabkan remaja terjerumus dalam kubangan narkoba dapat berasal dari keluarga. Kurangnya kasih sayang dari orang tua biasanya akan memberikan pengaruh buruk terhadap anak remaja. Oleh karena itu selalu tanamkan rasa hormat dan kasih sayang kepada anak remaja Anda. Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan hukuman, karena sejatinya hukuman terkadang hanya akan menghancurkan rasa hormat anak remaja kepada orangtuanya.

Berikanlah pengertian kepada anak remaja Anda apabila ia sampai menggunakan narkoba hanya akan membuat Anda kecewa. Apabila seorang anak sayang terhadap orangtuanya maka ia tidak akan pernah membuat kecewa. Buatlah anak remaja Anda mengerti bahwa narkoba haruslah dijauhi jangan sampai di dekati karena hanya akan membuat sengsara.

Berikanlah Waktu Khusus untuk Mereka

Remaja adalah tahap pendewasaan diri bagi setiap anak namun proses ini harus selalu dalam pengawasan dan juga pendampingan orangtua. Oleh karena itu luangkanlah waktu khusus bagi anak remaja Anda minimal satu minggu sekali ketika akhir pekan tiba. Jangan sampai orang lain lebih memahami anak remaja Anda dibandingkan orangtuanya sendiri. Sebuah survei mengatakan bahwa anak remaja akan lebih percaya kepada orangtuanya apabila ia memiliki waktu untuk mendengarkan keluh kesahnya. Dengan demikian sangat penting memberikan waktu dan perhatian lebih kepada anak remaja yang sedang tumbuh dan berkembang demi terhindar dari pengaruh buruk pergaulan remaja.

Melatih Tanggung Jawab dengan Peraturan

Proses kemandirian dan sikap tanggung jawab seorang anak terbentuk saat masa remaja. Oleh sebab itu tidak ada salahnya memberikan sedikit peraturan kepada anak remaja Anda ketika di rumah. Seperti tidak boleh keluar malam saat akhir pekan tiba atau memberlakukan jam malam kepada anak remaja Anda sangatlah efektif untuk mencegahnya terhindar dari buruknya pergaulan remaja. Tanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab tersebut lebih tinggi demi kebaikan sang buah hati.

Mendorong Anak Untuk Berani Berpendapat

Seorang anak yang diberi kesempatan di dalam keluarganya untuk mengutarakan sebuah pendapat akan memberikan dampak positif bagi psikologis anak. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan dianggap keberadaannya. Sehingga sudah sejak awal anak remaja Anda dapat mengemukakan apa yang ada di benaknya dan menilai hal yang baik sekaligus yang buruk.

Spread the word. Share this post!