Cara Praktis Detoksifikasi Setiap Hari

Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Proses ini sangat positif, karena membantu proses pembersihan tubuh dari racun atau toksin yang tidak kita sadari masuk kedalam tubuh. Masalahnya adalah kita hidup di dunia yang penuh toksin. Bayangkan saja, toksin menyebar begitu banyak seperti obat-obatan, logam berat, bahan kimiawi yang dipakai di rumah tangga, pestisida, alkohol, polusi udara, rokok, polusi air, kafein, dan lain sebagainya. Anda juga harus tahu bahwa makanan yang sering Anda makan mungkin adalah salah satu toksin yang masuk ke dalam tubuh kita, seperti sodium nitrit pada daging, asam boraks, pemanis buatan, perasa buatan, minyak jenuh, dan masih banyak lagi. Dan jangan lupa, kalau toksin juga berasal dari barang-barang yang biasa kita pakai sehari-hari, seperti peralatan make up, sabun, shampo, obat nyamuk, deterjen, dan lain-lain. Tanda bahwa kita sudah memerlukan detoksifikasi adalah mengalami masalah yang terlihat sepele seperti berjerawat, bau badan, sembelit, diare,radang sendi, mood swing, sakit kepala tanpa sebab, atau kesulitan berkonsentrasi. Gejala yang lebih serius adalah seperti tingkat kolesterol dalam darah tinggi, insomnia, asma, tumor, kejang, hingga stroke.

Untuk menghindari tubuh dari bahaya toksin, detoksifikasi perlu kita lakukan. Dan ternyata Sebenarnya detoksifikasi tubuh bisa dilakukan setiap hari. Ada enam cara praktis yang bisa dilakukan untuk melakukan detoksifikasi setiap hari. Cara-cara ini pun tak akan menguras kantong Anda. Cara tersebut diantaranya adalah :

  • Minum Air Hangat Campur Air Perasan Jeruk Lemon.

Awali pagi Anda dengan meminum segelas air hangat campuran air perasan jeruk lemon. Kandungan dalam lemon bisa menyeimbangkan pH tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

  • Berkeringat
    Lakukan olahraga seperti kardio agar tubuh bisa mengeluarkan keringat sehingga racun-racun dalam tubuh bisa dikeluarkan. Alternatif lain selain olahraga untuk bisa berkeringat adalah dengan melakukan sauna atau mandi uap.
  • Konsumsi Sayuran dan Buah Segar

Perbanyak konsumsi makanan segar. Kurangi makanan olahan dan makanan instan. Cukupi kebutuhan serat dari buah dan sayuran seperti kol, bit, dan sayuran hijau setiap harinya.

  • Lakukan Gerakan Yoga Twists

Gerakan memuntir tubuh atau yoga twist ternyata bermanfaat untuk sistem pencernaan dan organ dalam.

  • Memasak di Rumah

Sebisa mungkin masaklah makanan Anda sendiri di rumah. Dengan begitu, Anda memilih kontrol penuh atas bahan-bahan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

  • Minum Teh Hijau

Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa membuat kita pada akhirnya kesulitan untuk fokus dan merasa cemas. Sebagi gantinya, minumlah teh hijau yang kaya akan kandungan anti oksidan. Kandungan katekin yang tinggi dalam teh hijau juga bisa melancarkan fungsi hati dan meningkatkan produksi enzim detoksifikasi.

Saatnya untuk hidup sehat dengan mempraktikkan hal-hal seperti yang di atas. Mulailah dari hal-hal yang paling mudah Anda lakukan. Dan yang terpenting lagi adalah tetaplah konsisten melakukannya.

Spread the word. Share this post!