Efek Gaya Hidup Modern bagi Kehidupan

Pada zaman modern saat ini banyak mengalami perubahan di berbagai bidang, mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, sosial budaya, dan sebagainya. Hal ini membuat para generasi milenial terpengaruh dengan gaya hidup modern yang memberikan banyak dampak bagi setiap individu.

Efek Gaya Hidup Modern bagi Kehidupan

Gaya hidup modern ini sebagai wujud perkembangan zaman dengan pola dan tingkah laku manusia yang baru dan menerima kemajuan di berbagai bidang dengan sangat terbuka. Para manusia juga menyukai berbagai inovasi terbaru guna mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan nyaman sehingga kehidupan sosial semakin bebas dan terbuka.

Salah satu hal yang memengaruhi gaya hidup modern adalah adanya penggunaan teknologi terkini yang semakin canggih sehingga seseorang dapat melakukan berbagai aktivitas hanya dengan mengandalkan teknologi saja. Untuk mengatasi hal demikian, maka setiap individu harus mampu mengontrol diri mereka sendiri agar tidak terkena dampak negatif dari kehidupan masa kini. Berikut ini beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari modern lifestyle, di antaranya:

Pola Hidup Instan

Perubahan yang cepat seiring dengan berjalannya waktu, khususnya di bidang teknologi dan perniagaan membuat banyak kegiatan jual beli dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone atau PC, asalkan tersambung dengan jaringan internet. Untuk sistem pembayarannya juga sangat mudah, tanpa harus repot-repot pergi ke bank. Hal ini menciptakan pola hidup instan yang akan berdampak buruk bagi kehidupan sosial jika terus dilakukan sepanjang waktu, sehingga sangat disarankan untuk tetap menjalin interaksi sosial dengan sesamanya agar hubungan sosial tetap terjaga.

Aspek Sosial Memudar

Gaya hidup modern yang didominasi dengan kecanggihan teknologi dapat ditemukan dari setiap individu yang selalu membawa gadget-nya dalam keadaan apapun dan di manapun. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kehidupan sosialnya karena kurangnya interaksi tatap muka antarsesama. Hal ini juga akan berpengaruh pada pola pikir seorang individu yang lebih sering berinteraksi di media sosial daripada interaksi tatap muka langsung. Selain itu, juga akan memunculkan rasa ketidakpedulian dengan lingkungan sekitar.

Efek untuk Kesehatan

Gaya hidup modern yang tidak dikontrol dengan baik akan berpengaruh pada kesehatan seorang individu. Kesehatan yang dimaksud di sini bisa melingkupi kesehatan mental dan fisik. Bagi kesehatan mental, setiap individu selalu membutuhkan ketenangan dan kebahagiaan. Salah satu caranya yaitu menjalin hubungan sosial yang baik dengan sesama sehingga jika hal tersebut tidak bisa dilakukan maka kedamaian hidup tidak akan didapat. Bagi kesehatan fisik, setiap individu membutuhkan tubuh yang tetap sehat dan bugar. Salah satu caranya yaitu menjaga pola makan dan makanan yang dikonsumsi sehingga jika jajan sembarangan akan menimbulkan masalah kesehatan yang akan mengganggu kesehatan fisik seseorang.

Efek Lain

Terdapat beberapa efek lain yang ditimbulkan dari gaya hidup modern, di antaranya yaitu semakin konsumtif, individualis, tidak berprinsip, dan lain sebagainya.

 

Spread the word. Share this post!