Gaya Hidup Agamis Membawa Anda Bergaya Hidup Sehat

Keinginan untuk selalu dalam keadaan sehat menjadi dambaan setiap insan. Dengan keadaan fisik maupun psikis yang sehat membuat kita lebih mudah dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dan lebih produktif. Maka dari itu hidup sehat menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan. Bahkan di agama Islam gaya hidup agamis juga akan menuntun Anda memiliki gaya hidup yang sehat.

Gaya Hi	dup Agamis Membawa Anda Bergaya Hidup Sehat

Beberapa tips Gaya hidup agamis yang menuntut Anda untuk hidup dengan lebih sehat bisa Anda terapkan, diantaranya adalah sebagai berikut, antara lain:

Membiasakan diri untuk mencuci tangan

Kebiasaan sebelum makan ini menjadi salah satu etika yang sering di contohkan Nabi untuk menjaga kesehatan. Ini menjadi gaya hidup agamis karena tercantum sebagai sunnah Nabi. Dengan mencuci tangan Anda bisa mencegah diri agar tidak terserang penyakit yang berasal dari kuman.

Biasakanlah makan dengan tangan kanan

Kebiasaan ini juga sudah dilakukan umat Islam sejak dahulu. Hal ini dikarenakan tangan kanan lebih terjaga kebersihannya, bisa membantu melancarkan pencernaan, makan dengan tenang, dan ada bakteri baik yang bisa ikut masuk ke dalam tubuh. Karena umumnya tangan kiri sering digunakan untuk melakukan kegiatan membersihkan kotoran.

Jangan konsumsi makanan haram

Di dalam Islam kita juga patut berhati-hati atas makanan yang dikonsumsi, disarankan untuk Anda untuk memakan makanan halal. Makanan haram juga sudah terbukti tidak baik bagi kesehatan.

Jaga kebersihan diri Anda dan lingkungan sekitar

Peribahasa kebersihan pangkal kesehatan memang benar adanya dan ini juga diterapkan pada Gaya hidup di dalam agama Islam. Jika Anda rajin menjaga kesehatan diri tentulah akan berdampak ke lingkungan yang selanjutnya membuat Anda tidak mudah sakit.

Berpuasa

Amalan atau gaya hidup agamis yang biasa dilakukan oleh orang muslim adalah berpuasa. Berpuasa mampu membuat Anda yang melakukannya memiliki kesehatan meningkat. Beberapa manfaatnya adalah dapat membersihkan tubuh dari racun, memperlambat poses penuaan, membantu menurunkan kolesterol di dalam darah, dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Amalan ini bisa Anda jadikan sebagai langkah memiliki gaya hidup sehat ala Islam.

Biasakan tidur awal

Di dalam Islam, Anda juga dianjurkan untuk tidur lebih awal yaitu pada pukul 21.00 dan bangun pada pukul 03.00. Dalam jangka waktu ini, tubuh mengalami metabolisme yaitu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Agar bisa berjalan dengan optimal, usahakan tubuh Anda dalam keadaan rileks yaitu dengan tidur lebih awal dan bangun sebelum subuh.

Makan Secukupnya

Mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan memang tidak disarankan. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan makan secara berlebihan membuat tubuh menjadi obesitas, memperberat kerja lambung dan menimbulkan banyak risiko penyakit lainnya.

Berolahraga

Hidup sehat yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Di dalam Islam, gaya hidup agamis untuk menjaga kesehatan juga termasuk kegiatan yang satu ini agar tubuh bisa mencegah terserang penyakit

Spread the word. Share this post!