Gaya Hidup Bebas Remaja Masa Kini Yang Bertentangan Dengan Nila-Nilai Di Masyarakat

Remaja memang identik dengan kebebasan karena saat remaja para remaja akan memilih gaya hidup bebas. Seiring dengan perkembangan teknologi yang canggih beserta kemudahanya dalam mengakses berbagai macam informasi baik melalui media internet maupun cetak bahkan bisa juga dengan mudah melalui ponsel yang dimiliki. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh yang sangat besar, utamanya bagi remaja yang sering menggunakan teknologi, ponsel sebagai alat komunikasi maupun  sebagai alat untuk mendapatkan informasi.

Gaya Hidup Bebas Remaja Masa Kini Yang Bertentangan Dengan  Nila-Nilai Di Masyarakat

Gaya Hidup Bebas Remaja Masa Kini Yang Bertentangan Dengan Nila-Nilai Di Masyarakat

Namun tidak semua teknologi berdampak positif bagi pengguna, dampak negatif pun juga turut mengimbangi adanya pengaruh dari penggunaan teknologi.  Dampak negatif ini akan berakibat fatal jika tidak diimbangi dengan filtrasi dalam penggunaan teknologi. Terutama dikalangan remaja yang masih sangat rentan terhadap perkembangan teknologi, dimana mereka menggunakannya tanpa mempertimbangkan dampak yang akan diakibatkan setelahnya. Seperti yang sudah terpampang adegan- adegan yang ditayangkan di media tv maupun online berupa gaya hidup bebas seperti, kekerasan, seksual, pergaulan bebas dan gaya hidup konsumtif. Tayangan yang seperti ini mampu memberikan pengaruh buruk terhadap pola pikir serta moral remaja.

Gaya hidup bebas sendiri mempunyai dampak negatif seandainya tidak sesuai dengan norma dan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat. Sekarang ini banyak sekali anak remaja yang terpengaruh akan adanya gaya hidup bebas dan parahnya mereka mengganggap semua itu adalah hal yang lumrah dilakukan untuk remaja sekarang. Berdasarkan pengakuan dari beberapa anak remaja mengatakan bahwa free sex sudah bukan lagi menjadi hal yang tabu, bahkan menurut mereka sek bebas sudah menjadi trend masa kini, ditambah lagi kalau berpacaran tanpa adanya “ Making Love” bisa dikatakan ketinggalan zaman.  Narkoba dan tawuran pun telah menjadi konsumsi kalangan remaja sekarang seakan- akan mereka sudah tidak lagi memiliki prinsip-prinsip nilai agamis  yang sudah ditetapkan sekaligus peraturan dalam pergaulan yang berlaku didalam masyarakat kita. Menganggap semua yang dilakukan merupakan suatu kebenaran.

Kondisi yang seperti ini bukankah sangat bertentangan dengan akar budaya bangsa, dimana nilai dan falsafah hidup berdasarkan pada pancasila. Generasi muda saat ini memang seharusnya dididik dengan benar, dibina dan diberikan penguatan karakter yang sesuai dengan nilai budaya bangsa.  Oleh sebab itu sangat diharapkan semua pihak ikut serta dalam mengendalikan gaya hidup bebas remaja kita sekarang yang sudah melampaui batas. Terutama pada sistem pendidikan harus diperbaiki supaya lebih kuat dalam membimbing para remaja, serta pemerintah seharusnya melaksanakan Undang-undang dengan tegas dan bijaksana.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan terkait dengan gaya hidup bebas yang menyerang remaja masa kini, semoga bisa dijadikan sebagai referensi sekaligus dapat menambah wawasan anda untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan teknologi. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Spread the word. Share this post!