Gaya Hidup Pengusaha Sukses yang Sebaiknya Ditiru

Terjun dalam dunia bisnis dan menjadi seorang pengusaha merupakan salah satu pilihan profesi yang belakangan ini banyak diminati. Dengan menjadi pengusaha, seseorang merasa cenderung bebas, bisa mengatur jadwal berbisnisnya sendiri, tidak terikat dengan orang lain sehingga dapat memilih waktu untuk bekerja dan untuk istirahat atau berlibur. Bahkan, sebagian besar pengusaha baru atau pebisnis baru banyak yang beranggapan bahwa menjadi pengusaha berarti bebas membuat aturan-aturan sendiri, dan orang lainlah yang mestinya mengikuti aturan main tersbut. Anggapan yang demikian tentu saja salah besar. Sebagian besar para pengusaha yang sukses di bidangnya masing-masing, justru terbiasa hidup yang teratur, menjalankan rutinitas bisnisnya secara total, bajkan cenderung tepat waktu dan memiliki jadwal yang jelas. Berikut ini adalah gaya hidup pengusaha sukses yang sebaiknya ditiru.

Selalu Belajar Hal-hal Baru

Tiada hari tanpa belajar. Dunia bisnis adalah bidang yang penuh dengan gejolak, yang seringkali sulit diprediksi. Hanya orang-orang yang berpengalaman dan tahan banting lah yang mampu bertahan di dunia bisnis dalam waktu lama dan dapat berhasil menjalankan bisnisnya. Oleh sebab itu, seorang pengusaha hendaknya mau mempelajari hal-hal baru, terutama sesuatu yang berkaitan langsung dengan bidang usaha yang digelutinya. Seorang bijak mengatakan, bahwa orang pintar adalah ia yang selalu mau belajar, sebaliknya orang bodoh adalah ia yang merasa pintar sehingga berhenti belajar.

Dekat dengan Semua Orang untuk Menambah Relasi

Dalam dunia usaha, kita tidak pernah tahu pihak manakah yang akan benar-benar memberikan keuntungan bagi kita. Orang yang mungkin digadang-gadang potensial mendatangkan profit, ternyata justru merugikan. Seorang pengusaha harus mau bergaul dengan siapa saja, harus dekat dengan semua orang untuk menambah relasi atau jaringan pertemanan. Memperluas jaringan dengan cara berusaha dekat dengan setiap orang merupakan gaya hidup pengusaha yang wajib dijalankan. Sebab dengan berusaha dekat dengan setiap orang, apalagi berusaha ramah, maka orang akan mulai percaya akan diri kita, sehingga nantinya mereka akan percaya untuk membangun bisnis atau bekerja sama dengan kita.

Menyusun Peta dan Memiliki Target

Sangat jarang sekali ditemukan seorang pengusaha sukses yang menjalankan hidupnya dengan pola “mengalir seperti air” atau mengikuti arus perkembangan usaha. Para pengusaha yang sukses justru adalah mereka yang mampu membuat arus, atau membuat gebrakan-gebrakan. Oleh sebab itu, menyusun peta dan memiliki target merupakan hal yang penting agar seorang pengusaha bisa sukses.

Tentukanlah langkah-langkah strategis untuk menjalankan usaha kita. Perencanaan yang matang akan menghindarkan kita dari kepanikan jika usaha kita berjalan tidak sesuai dengan harapan. Susunlah plan atau rencana-rencana, baik rencana pokok maupun rencana alternatif. Menentukan langkah dan memiliki target merupakan gaya hidup pengusaha sukses yang wajib ditiru oleh semua orang yang ingin berhasil dalam mencapai setiap tujuan hidupnya.

 

Spread the word. Share this post!