Gaya Hidup Sehat ala Orang Jepang

Gaya Hidup Sehat ala Orang Jepang  РDibandingkan dengan Negara lain, Jepang dikenal sebagai Negara yang terkenal dengan disiplin dan pola hidup paling sehat. penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Tingkat obesitas di Jepang hanya sekitar 3,5% dari total penduduk. Tingkat kanker payudara, kanker postat dan penyakit mematikan no.1 seperti jantung pun lebih rendah. Karena gaya hidup orang jepang sangat teratur dan menyehatkan.

Berikut beberapa gaya hidup sehat ala orang Jepang yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  • Pencuci Mulutnya Sehat

Rata-rata orang Amerika mengkonsumsi 100 gram gula per hari sementara orang Jepang tak sampai separuhnya. Mereka hanya mengonsumsi 48,8 gram saja per hari. Rahasianya adalah memilih pencuci mulut yang tepat. Orang Jepang lebih memilih buah-buahan atau teh sehingga minim konsumsi gula pasir yang cenderung menyebabkan diabetes dan kegemukan.

  • Rumput Laut

Rumput laut adalah salah satu makanan yang bisa menghambat penyerapan lemak. Serat pangan dari lautan ini adalah salah satu bahan makanan yang banyak dipakai di Jepang. Manfaatnya adalah mampu meningkatkan pengolahan lemak dalam tubuh hingga 4 kali lipat.

  • Tidak Sampai Kenyang

Orang jepang tidak makan sampai kekenyangan. Salah satu pedoman makan mereka menurut orang Okinawa adalah ‘hara hachi bu’ yang artinya, ‘makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian’. Makan perlahan akan membuat ¬†makanan lebih mudah dicerna dan perut cukup kenyang. Inilah yang bikin mereka langsing dan sehat.

Baca Juga:7 Tips Sehat Paling Jitu, Agar Hidup Anda Lebih Berarti!

  • Makan Ikan

Orang Jepang makan ikan sampai 100 gram sehari. Mereka mendapat asupan asam lemak omega 3 yang lebih banyak. Tak heran mereka memiliki kulit yang berkilau dan awet muda. Asam lemak omega 3 juga merupakan lemak yang sehat bagi kesehatan Anda.

  • Berjalan ke Kantor

Ini dia salah satu kebiasaan orang jepang yang masih ada hingga sekarang. Di sana kebanyakan orang berjalan kaki daripada naik kendaraan pribadi. Kalau kita berjalan kaki hanya untuk olahraga atau menuju ke tempat yang jaraknya dekat, orang Jepang bisa menempuh jarak jauh dengan berjalan, bahkan berlari. Itu pun 2-3 kali sehari. Oleh karena itu tubuh mereka lebih bugar.

  • Mengolah Makanan¬†Sebentar Saja

Makanan yang dibuat di setiap Negara umumnya di proses dengan waktu yang lama, baik itu di rebus, goreng, bakar atau tumis. Berbeda dengan lainnya, orang Jepang mengolah makanan dalam waktu yang singkat. Karena dengan tidak di masak terlalu lama maka gizi yang terdapat di dalam bahan masakan tidak akan hilang ataupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik. Bahkan yang sudah kita ketahui, orang Jepang sangat menyukai makan makanan mentah, terutama ikan yang baunya amis.

Spread the word. Share this post!