Info Gaya Hidup Sehat Seperti Rasulullah SAW

Kesehatan seseorang ditentukan juga oleh hal-hal kecil yang dilakukan sehari-hari hingga yang besar. Intinya, gaya hidup seseorang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan. Dalam artikel ini kita akan membahas info gaya hidup Rasulullah SAW sebagai teladan umat manusia dan seluruh alam.

Kesempurnaan beliau salah satunya adalah memiliki kesabaran dan kejujuran dan perilaku yang sempurna. Semasa hidup, Rasulullah SAW hanya pernah sakit 2 kali seumur hidupnya, yang Pertama akibat diracun oleh wanita Yahudi dan menjelang akhir hayatnya. Berikut ini info gaya hidup sehat Rasulullah SAW yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kesehatan lahir dan jasmani.

Makanan Halal

Rasulullah SAW hanya mengkonsumsi makanan yang halal dan baik, seperti: gandung (biji-bijian), kurma, anggur, delima, tin (buah-buahan), madu, susu, daging. Pada pagi hari, sarapan segelas air putih dicampur satu sendok madu asli.

Memasuki waktu dhuha, beliau akan makan 7 butir kurma. Selain menyehatkan, kurma dapat menetralisir racun. Pada malam harinya, Rasulullah makan sayur-sayuran yang mengandung serat. Setelah makan malam, Rasulullah akan melakukan aktivitas terlebih dulu, biasanya berupa shalat.

Tidak Berlebihan

Rasulullah mencontohkan kepada umatnya, makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Makan yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Tidur Lebih Cepat, Bangun Lebih Awal

Waktu tidur yang tepat adalah selepas isya, yaitu pada jam 21.30 lalu bangun pada waktu 1/3 malam atau sekitar jam 3 untuk lakukan shalat malam. Waktu untuk tidur dalam sehari yaitu kurang dari 8 jam. Pembagian waktu ini tidak kaku, artinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Rajin Olahraga

Rasulullah SAW merupakan sosok yang suka berolahraga, bahkan beliau tidak segan mengajak istrinya Aisyah RA dan anak-anaknya untuk berlatih panah, menunggang kuda dan berenang. bahkan beliau terkenal jago gulat.

Rajin Berpuasa

Selain berpuasa wajib, umat muslim dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah. Puasa dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Bahkan di dunia kedokteran, senjata yang paling ampun salah satunya adalah dengan berpuasa.

Membersihkan Gigi

Rasulullah SAW begitu memperhatikan kesehatan gigi dan selalu membersihkannya menggunakan siwak atau akar dari pohon salvadora persica. Waktu yang disarankan untuk menyikat gigi adalah sebelum tidur, sebelum shalat dan sesudah bangun tidur.

Tidak Pemarah

Rasulullah SAW memberikan nasehat yaitu “jangan marah”, nasehat tersebut diulang hingga 3 kali. Ini menunjukkan efek sering marah akan mendatangkan hal yang buruk bagi kesehatan, seperti: sakit kepala, gangguan pencernaan, sakit jantung, darah tinggi dan depresi.

Menjaga Kesehatan

Rasulullah SAW selalu nampak rapih dan bersih. Setiap hari kamis/ jumat beliau memakai minyak wangi, bersiwak, mencukur rambut di pipi dan memotog kuku.

Masih banyak gaya hidup sehat Rasulullah SAW yang bisa dijadikan contoh, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Selain itu hidup sehat ala Rasulullah tidak hanya menyehatkan jasmani namun juga batin. Semoga info gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Spread the word. Share this post!