Informasi Terkini Gaya Hidup Yang Menyebabkan Penyakit Diabetes Melitus

Ada banyak informasi terkini yang membahas mengenai gaya hidup. Dalam artikel ini kita akan membahas gaya hidup yang bisa menyebabkan penyakit diabetes mellitus. Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kadar gula darah didalam tubuh meningkat.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kadar gula darah meningkat, seperti: faktor keturunan, makanan dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk lebih jelasnya simak informasi terkini mengenai penyebab penyakit diabetes berikut ini.

Kebiasaan Buruk

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit diabetes. Seringkali gejala yang muncul diremehkan sehingga diabetes tidak bisa dicegah. Sebenarnya penyakit ini bisa diceah lebih dini, salah satunya adalah menghindari kebiasaan yang bisa menyebabkan penyakit tambah parah.

Kurang Olahraga

Orang yang kurang bergerak atau olahraga bisa terkena penyakit diabetes atau penyakit lainnya. Tahukan Anda jika duduk dalam waktu dua jam setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena diabetes sebesar 7%. Hal ini karena dengan duduk saja tanpa menggerakkan tubuh, lemak di dalam tubuh semakinmenumpuk dan menyebabkan tubuh gemuk dan tidak ideal. Seperti kita ketahui salah satu faktor penyebab diabetes adalah terlalu gemuk atau obesitas.

Makan Terlalu Berlebih

Makanan yang berlebih juga menjadi faktor pemicu diabetes. Apalagi makanannya mengandung gula yang tinggi. Agar terhindar dari penyakit ini sebaiknya batasi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Sebagai gantinya bisa gunakan gula yang rendah kalori.

Minum Minuman Yang Bersoda

Kebiasaan buruk lainnya yang memicu penyakit diabetes adalah terlalu banyak minum minuman yang mengandung soda. Minuman bersoda banyak mengandung gula atau pemanis buatan yang berbahaya bagi tubuh.

Kurang Tidur

penyebab lainnya adalah kurang istirahat atau kurang tidur. Jika seseorang kurang tidur bisa menyebabkan tubuh rentan dan mudah terkena penyakit, salah satunya adalah diabetes mellitus. Hal ini karena fungsi organ tubuh mengalami penurunan, termasuk pankreas.

Sering Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Di jaman orang-orang serba sibuk seperti sekarang ini banyak yang lebih memilih makan makanan cepat saji yang rasanya enak. Namun dibalik itu ternyata makanan cepat saji banyak mengandung lemak yang dapat membuat kadar kolesterol di dalam tubuh semakin meningkat. Jika kolesterol di dalam tubuh meningkat bisa menyebabkan resiko terkena diabetes.

Dari pembahasan tersebut kita dapat mengetahui bahwa penderita diabetes harus mampu mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi makanan yang menggunakan bahan-bahan alami dibandingkan dengan makanan instan.

Demikian informasi terkini mengenai kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan resiko terkena diabetes mellitus. Sebelum terlambat segera lakukan pencegahan sejak dini dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, selain itu lakukan gaya hidup sehat. Semoga ar!tikel ini bermanfaat

Spread the word. Share this post!