Kenali Pergaulan Remaja Sejak Dini Agar Orangtua Bisa Lebih Mengantisipasi

Dewasa ini perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat perubahan cukup signifikan terhadap perkembangan mental manusia khususnya para remaja. Pada masa remaja ini seorang individu mengalami masa transisi dalam mencari jati diri dan mencoba hal baru di sekitarnya. Biasanya para remaja menjadi pembangkang dan antikritik karena merasa apa yang telah dilakukannya sudah benar sehingga mereka mudah terperangkap dengan pergaulan remaja yang salah tanpa ada kontrol.

Kenali Pergaulan Remaja Sejak Dini Agar Orangtua Bisa Lebih Mengantisipasi

Pergaulan remaja yang bebas merupakan cara seseorang dalam berteman tanpa mengenal batas baik berbicara maupun bersikap. Perilaku yang seperti ini dipicu oleh beberapa penyebab dan tentunya akan berdampak negatif bagi kehidupan jangka pendek maupun jangka panjang. Lalu apa sajakah penyebabnya? Dan dampak apa saja yang ditimbulkan?

Berikut beberapa penyebab maraknya pergaulan remaja yang terlalu bebas, antara lain:

Orang Tua

Faktor mendasar penyebab seorang remaja terseret arus pergaulan bebas adalah orang tua karena sebagai peran utama dalam perkembangan anak. Hal ini diakibatkan dari sikap orang tua yang kurang baik, terjadinya konflik diantara orang tua, kurangnya kasih sayang orang tua terhadap anak, dsb.

Lingkungan

Pergaulan remaja yang salah dapat disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang baik. Lingkungan juga membentuk karakter anak remaja sehingga sebaiknya para orang tua mengontrol anaknya untuk berada di lingkungan yang baik.

Media Masa

Media masa juga sangat berpengaruh pada pergaulan remaja karena tempat menuangkannya kebebasan berekspresi sehingga jika para remaja tidak pandai memilah maka akan terjerumus pada pergaulan bebas.

Kurangnya Pendidikan Seks Sejak Dini

Pendidikan seks sejak dini berperan penting dalam pemahaman remaja baik dibicarakan di rumah ataupun sekolah sehingga mereka tidak akan salah tafsir dan lebih berhati-hati.

Agama dan Budaya Ketimuran yang Mulai Ditinggalkan

Religiusitas merupakan hal pokok yang harus dimiliki setiap individu sebagai pengontrol dalam berperilaku meskipun hal tersebut tidak dapat menjamin 100%. Selain itu budaya ketimuran yang santun sudah mulai hilang karena pengaruh budaya barat yang sangat kuat.

Pergaulan bebas ini juga menimbulkan berbagai dampak negatif, seperti:

  • Hamil Diluar Nikah

Dampak yang sering muncul akibat pergaulan remaja yang salah adalah hamil diluar nikah, Sehingga banyak remaja yang melakukan aborsi tanpa mengetahui akibat jangka panjang yang akan dialami khususnya gangguan kesehatan reproduksi.

  • Putus Sekolah

Dampak selanjutnya yang ditimbulkan adalah putusnya sekolah karena rasa malu yang dialaminya. Hal ini akan mengakibatkan generasi penerus bangsa yang kurang berpendidikan.

  • Meningkatnya Kriminalitas

Pergaulan bebas juga menyebabkan angka kriminalitas tinggi. Seorang individu yang berpendidikan rendah, kemiskinan dan kebutuhan bersenang-senang seperti narkoba akan memicu tindakan mencuri, memperkosa bahkan membunuh.

  • Penyakit Sosial

Penyakit sosial yang terjadi di masyarakat seperti egosentris, tidak peduli sesama, hedonisme dan perilaku buruk lain diakibatkan pergaulan remaja yang salah kaprah.

  • Gangguan Kesehatan Secara Global

Masalah kesehatan yang mungkin terjadi akibat pergaulan bebas adalah Hepatitis, HIV/AIDS dan penyakit kelamin lainnya bahkan kematian.

Spread the word. Share this post!