Kewaspadaan Terhadap Pergaulan Remaja Yang Semakin Memprihatinkan

Masa remaja merupakan masa yang paling indah, karena pada masa ini kita mulai menginjak masa dewasa, masa kebebasan dan mulai berinteraksi dengan lingkungan sekitar kita. Tapi, perlu kewaspadaan pada masa ini terutama dalam hal pergaulan sehari-hari.  Pada masa kini, banyak anak Indonesia terjebak dalam pergaulan remaja yang semakin memprihatinkan. Tidak jarang anak-anak usia sekolah terjebak dalam pacaran, free sex, merokok bahkan narkoba. Bagi mereka apa yang dilakukanya sudah tidak dianggapnya sebagai suatu hal yang tak pantas, bahkan tak sedikit yang mengatakan bahwa pergaulan remaja yang seperti itu sudah merupakan hal biasa dan sudah menjadi trend remaja masa kini. Mereka menganggap bahwa masa remaja hanya sekali seumur hidup sehingga mereka memanfaatkan masa muda untuk kesenangan belaka yang sudah jelas semua itu tidak dibenarkan.

Kewaspadaan Terhadap Pergaulan Remaja Yang Semakin Memprihatinkan

Pemikiran yang menganggap masa remaja adalah untuk kebebasan yang tanpa dibatasi sekat ini harus dihindari dan dicegah. Seharusnya masa remaja yang dikatakan masa paling indah lebih dimanfaatkan untuk mengisi hal-hal yang positif membangun, seperti membuat segudang prestasi baik di bidang formal, non formal atau bahkan berkarya yang bisa membanggakan bangsa Indonesia. Sebagai penerus bangsa harus menunjukkan kebanggaan tersendiri baik untuk bangsa Indonesia maupun bangsa lain dengan memberikan banyak prestasi, bukan justru mencoreng nama Indonesia dengan mengikuti pergaulan remaja yang menganut sistem kebebasan. Hal ini sangat bertentangn dengan budaya ketimuran. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat, norma sosial dan agamis.

Memang banyak faktor yang menyebabkan pergaulan bebas menyebar luas salah satunya  melalui teknologi internet. Remaja lebih suka dalam hal memainkan ponsel dari pada harus berinteraksi dengan masyarakat setempat. Hal ini dapat menyebabkan anak rumahan juga bisa ikut terjebak dalam pergaulan bebas, melalui internet yang terdapat di ponsel mereka. Dengan mudah mereka dapat mengakses website-website yang berbau pornografi.

Jika hal ini para orang tua dan semua pihak yang terkait tidak dapat mengontrol dengan benar dan tepat bisa mengakibatkan kehancuran bagi bangsa. Maka, marilah kita semua sebagai penerus generasi muda bangsa harus membangun Indonesia lebih maju. Menjauh dari pergaulan bebas yang merusak moral bangsa. Kita tumbuhkan kembali semangat kesatuan bangsa dengan melakukan hal-hal yang positif dan berguna bagi kita semua, membangun kepercayaan diri yang tinggi dengan semangat antusias meraih prestasi gemilang. Bergaulah secara bijak dan hindarilah pergaulan yang mengarahkan kepada hal yang negatif. Ingat masa depan bangsa ada di tangan kita, Ayo kita jaga bersama dengan memulai pergaulan yang sehat dan bermanfaat.

Demikianlah artikel yang telah kami paparkan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Spread the word. Share this post!