Makanan Diet Pengganti Nasi

Beberapa orang memiliki caranya sendiri dan persepsinya dalam hal melakukan diet. Ada yang sanggup berolahraga dan mengurangi makanan, ada yang hanya makan sehari sekali, ada yang dengan meminum obat – obatan, ada juga yang melakukan diet sehat dengan mengganti gaya hidupnya yang salah selama ini. Lalu bagaimana dengan orang yang ingin diet hanya dengan cara mengurangi nasi, apakah diet akan berhasil? Tentu saja jika hanya mengurangi nasi tapi tetap mengkonsumsi makanan berlemak tidak akan mempengaruhi sedikitpun. Namun, jika Anda berinisiatif ingin mengganti makanan pokok dengan menu lain, tentu saja bisa dan banyak sekali pilihan yang jelas tidak akan membuat Anda bingung atau bosan. Berikut akan dibahas pilihan makanan diet pengganti nasi putih yang selama ini Anda konsumsi.

  • Beras merah.

Beras putih memiliki kadar serat yang lebih rendah daripada beras merah. Walaupun sama – sama beras, kandungan sehat dalam beras merah lebih banyak seperti magnesium, serat, zat besi dan protein. Serta, kadar mangan dalam beras merah juga cukup banyak sehingga baik untuk syaraf pada tubuh Anda.

  • Kentang

Pengganti rasa kenyang selain nasi tentu saja kentang. Di Indonesia, orang hanya mengkonsumsi nasi putih karena mengenyangkan. Kalau tanpa nasi, rasanya kurang afdol, katanya. Namun, coba saja mengkonsumsi 1 atau 2 buah kentang yang dikukus atau dimasak, rasa lapar Anda akan tergantikan. Lagipula, kentang mengandung protein, zat besi serta vitamin A dan B. kentang juga kaya serat sehingga akan membuat BAB Anda lebih lancar. Kentang mengandung pati resisten yang juga mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Ingat, hindari kentang goreng berlebihan karena minyak dalam kentang sangat berbahaya bagi jantung Anda.

Baca Juga: PILIHAN MAKANAN SEHAT

  • Jagung.

Lagi – lagi makanan pengganti diet ini memiliki kadar protein, karbohidrat dan kalsium yang tinggi. Mengkonsumsi jagung sangat baik bagi penderita hipertensi atau diabetes. Makanya, sangat disarankan untuk menggunakan minyak jagung saat menumis dan goreng makanan Anda bagi penderita hipertensi.

  • Gandum

Gandm dapat menyerap lemak dengan cepat dan sangat baik juga buat jantung Anda. Gandum biasanya terdapat dalam roti, dan juga oatmeal. Jika Anda dalam program diet, makanlah dua lembar roti tawar gandum setiap harinya, niscaya berat badan Anda akan tetap terkontrol. Begitupula bagi penderita jantung koroner, sarapan oatmeal yang diseduh air panas adalah solusi utama menstabilkan lemak dalam tubuh dan jantung.

Jadi, jangan pusing dan bingung lagi jika memang ingin melaksanakan diet namun seakan – akan kehabisan ide untuk mencari makanan diet pengganti nasi. Di atas sudah disebutkan beberapa jenis makanan yang tentu saja mudah didapatkan serta murah. Terus semangat menjalani hidup sehat ya, teman.

Spread the word. Share this post!