Makna dan Pengertian Hedonisme

Hedonisme adalah  suatu pemahaman  bahwa orang akan bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin dengan menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Dalam pandanga lain hedonisme yaitu ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup serta  tindakan manusia.

Makna dan Pengertian Hedonisme

Ciri-ciri hedonisme yaitu  membagi dan mendikotomikan hidup jadi 2, kesusahan dan kesenangan . Dan dalam bentuk halusnya, hedonisme bahkan dapat berupa seseorang yang memunyai sifat kalem . Salah satu cara untuk dapat membedakan semangat hedonisme yaitu dengan  menyemangati untuk diri-sendiri. Apabila semua yang dilakukan yaitu berujung pada sesuatu yang untuk dirinya sendiri, maka unsur hedonisme sudah anda dalah diri sendiri. Paham hedonisme juga merupakan paham yang menolah andanya sangpencipta dan menrima banyak ide sehingga mengaap hidup bahwa  senang dan susah bisa datang secara bergantian , masing-masing ada tujuannya – tidak lepas dari pengetahuan Sang Pencipta -. Oleh sebab itu hedonisme sangat diterima oleh penganut ide ide yangg menolak adanya Sang Pencipta.

Pengertian lain dari hedonisme yaitu  perbuatan yang diantara segenap perbuatan yang dapat dilakukan oleh seseorang akan membawa orang tersebut merasakan kebahagiaan yang sebesar-besarnya. Pada saat itu  hedonisme masih mempunyai arti positif. Didalam perkembangannya, untuk penganut paham ini yaitu mencari kebahagiaan berefek panjang tanpa disertai penderitaan. Mereka menjalani berbagai macam praktik asketis, seperti hidup miskin, puasa, bahkan menjadi pertapa supaya  mencapai kebahagiaan sejati. Banyak yang menggangap bahwa pemahaman tentang hedonisme sering diartikan dengan negative, untuk pemahaman positif yang menghilangkan dalam hedonisme. Oleh sebab itu pemahaman hedonisme yang lebih mengedepankan kebahagiaan dengan mengutamakan kenikmatan diri sendiri.

Untuk itu masih berkenaan dengan hedonisme etis ada 2 gagasan yang patut diperhatikan yaitu

Pertama,kebahagiaan tidak sama dengan jumlah perasaan nikmat dan nyaman . Rasa nikmat dan nyaman selalu berkaitan langsung dengan sebuah pengalaman pada saat  sebuah kecondongan terpenuhi, dengan begitu pengalaman itu selesai,nikmat dan rasa nyaman pun juga akan habis.

Kedua,apabila  kita hanya mengejar nikmat saja,kita tidak akan memperoleh nilai dan pengalaman yang paling mendalam dan dapat membahagiakan. Oleh Karen itu,  pengalaman ini hanya akan menunjukan nilainya apabila diperjuangkan dengan pengorbanan. Contohnya dalam persahabatan dan cinta.Kita tidak akan sanggup menggoreskan kesan mendalam dalam persahabatan dan cinta apabila  pertimbangan yang mendasari hanya sebab kecantikan,ketampanan, kekayaan atau penampilan fisik lainya. Contohnya yaitu sesuatu yang kering,yang hanya terasa pada saat bahagia,tetapi hambar pada saat susah.

Demikin artikel yang dapat kami sampaikan tentang  Makna dan Pengertian Hedonisme yang bisa anda jadikan referensi untuk menambah wawasan dan juha bisa nada bagikan kepada teman maupaun kerabat. Etarima kasih telah berkunjung dan membacanya

Spread the word. Share this post!