Mengenal Gaya Hidup Hedonisme dan Sisi Positif Negatifnya

Masyarakat sering kali salah kaprah terhadap gaya hidup hedonisme. Sebenarnya apa itu? Menurut Sarwono Hedonis merupakan konsep diri dimana seseorang menjalani kehidupannya sesuai dengan apa yang ada di angan-angannya. Sedangkan menurut Collins Gems, gaya hidup seperti itu adalah semacam doktrin yang membuat kesenangan diri adalah sesuatu yang penting. Jadi dapat disimpulkan menjadi pandangan hidup dalam bentuk gaya hidup yang berlandaskan kebahagiaan. Kata tersebut berasal dari bahasa yunani yakni hedone atau kesenangan.

Mengenal Gaya Hidup Hedonisme dan Sisi Positif Negatifnya

Faktor penyebab hedonisme

Terdapat beberapa faktor yang memicu hedonisme baik dari internal maupun eksternal.

Faktor internal

Faktor utama yakni dari dalam diri individu. Hal ini sudah menjadi naluri untuk bersenang -senang sebanyak-banyaknya dan bekerja seringan ringannya. Sifat dasar yang menjadi penyebab utama gaya hidup ini adalah kecenderungan untuk bersikap konsumerisme.

Faktor eksternal

Pengaruh dari luar atau eksternal juga membawa pengaruh pada gaya hidup seperti ini. Faktor yang memegang peran paling penting yakni arus informasi dari luar atau globalisasi. Terlebih lagi pengaruh budaya luar negeri.

Ciri-ciri

Ciri-ciri hedonisme yang tumbuh dalam masyarakat nampak sebagai berikut yakni memiliki Tujuan utama hidup yakni kenikmatan dan kesenangan pribadi, Cenderung berperilaku egois, Tidak pernah merasa puas, Konsumtif, dan Cenderung diskrimimatif dan sombong.

Jenis- jenis

Jenis-jenis hedonisme dapat dibedakan menjadi physical hedonism, evaluative hedonism, dan rationalizing hedonism. Physical hedonism yakni naluri manusia secara lahiriah untuk memperoleh kesenangan. Secara naluri manusia memang memiliki sifat menghindari rasa sakit. Sedangkan evaluative hedonism adalah kecenderungan untuk mengejar kesenangan dan menghindari kesengsaraan. Sedangkan rasionalizing hedonism merupakan kecenderungan untuk memperoleh kesenangan dan konsekuensi yang di dapatkan.

Kelebihan kekurangan gaya hidup ini

Selain kekurangan, gaya hidup hedonis juga memiliki kelebihan tersendiri yakni mempunyai motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan, mempunyai etos kerja yang tinggi, memanfaatkan kesempatan yang ada.  Namun masih lebih banyak kekurangan ketimbang kelebihan misalnya sifat egois dan individualisme, melakukan segala cara untuk mencapai tujuan, terkadang merugikan orang lain. Selain itu dampak nyata yang diperoleh dari penerapan gaya hidup ini yakni konsumtif dengan berbelanja barang-barang yang tak terlalu dibutuhkan, sikap individualisme yang semakin mengakar, egois, kecenderungan menjadi pemalas, kurang bertanggung jawab, boros, dan korupsi. Korupsi yang dimaksud bukan hanya korupsi uang tetapi kecenderungan korupsi dalam bentuk hal lain misalnya korupsi waktu dan pekerjaan. Gaya hidup ini memang banyak dipandang negatif. Namun pada beberapa kasus, gaya hidup semacam ini justru membuat seseorang lebih bahagia dan bebas. Orientasi tentang hal ini adalah kesenangan masa kini, namun inilah yang justru membuat kita tenang dan rileks.

Jadi gaya hidup hedonisme tidak seharusnya dipandang sebelah mata, Anda dapat mengambil sisi positif dan menghindari sisi negatif yang dimiliki.

Spread the word. Share this post!