Mengenal Jenis – jenis Sepeda

Mengenal Jenis – jenis Sepeda

Sepeda. Ya, bicara tentang kendaraan yang satu ini teryata tidak sesimpel yang dibayangkan. Terutama bila bicara tentang jenisnya. Kendaraan yang satu ini ternyata banyak sekali jenisnya. Tiap jenis dibedakan berdasarkan hal  – hal tertentu. Bisa berdasarkan fungsinya, berdasarkan desain rangkanya, berdasarkan gaya /style nya dan lain sebagainya. Ada yang anda sudah kenal, ada pula yang belum anda tahu sama sekali. Jenisnya memang mencapai puluhan. Sebagai contoh berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 23 jenis dengan sebagian masih dibagi lagi sub jenis. Silakan anda bayangkan sendiri jumlahnya berapa. Nah, karena jumlah terlalu banyak, saat ini kita bahas mengenai jenis sepeda yang umum dipakai tanpa melihat kategorinya. Untuk itu, mari mengenal jenis – jenis sepeda.

Hybrid / comport bike

Ini jenis  yang sering anda pakai. Jenis sepeda keluarga. Disesain sederhana yang lebih mengutamakan kenyamanan. Jenis yang biasa anda pakai sehari – hari.

Road bike

Sepeda in bisa dikenali dari jenis bannya yang kurus dengan setang melengkung kebawah. Disini kita kenal dengan sepeda balap. Jenis ini memang didesain agar efisien di jalanan dan bekerja dengan baik saat dalam kecepatan tinggi. Ban tipis dengan ukuran yang lebih besar membatu meluncur dengan cepat hanya dengan sedikit usaha atau kayuhan.

Mountain bike

Untuk jenis ini mempunyai ciri yang gampang dikenali yaitu mempunyai suspensi. Ini sengaja ditanamkan untuk mengantipasi medan yang tidak rata seperti berbatu. Dari desain setang, rangka dan lainnya memang dibuat sedemikian rupa agar tangguh melintasi pegunungan.

BMX / trick bike

Nah, kalo sepeda ini termasuk yang sudah pada tahu. Karena memang umum dipakai terutama oleh remaja dan anak – anak . BMX sendiri singkatan dari Bicycle Motor Cross, karena memang awalnya digunakan pada trek tanah yang mirip dengan motor cross. Tapi dalam perkembagannya sepeda ini menjadi  digunakan sebagai alat free style dan pada trek yang biasa digunakan oleh skate board.

Commuting bike

Ini awalnya merupakan jenis yang dipakai untuk alat transportasi murni. Untuk itu jenis ini mempunyai fasilitas praktis seperti lampu, rak belakang, tas, kunci dan spatbor. Meskipun peruntukannya untuk  transportasi dalam kota, tidak sedikit yang menggunakannya untuk touring.

Tandem

Ini adalah jenis yang didesain untuk dikendarai oleh 2 orang. Desainnya pengayuhnya ada 2 yaitu didepan dan belakang . Stang juga ada 2 tapi yang berfungsi kemudi hanya bagian depan saja. Sekarang  ini Di Indonesia banyak digunakan sebagai sepeda wisata di tempat – tempat wisata. Kebanyakan di pantai. Dan biasanya disewa – sewakan kepada para pengunjung dengan biaya sewa tertentu dan lama waktu tertentu pula.

 

Spread the word. Share this post!