Mengenal Perilaku Gaya Hidup Agamis

Gaya Hidup agamis merupakan gaya hidup seseorang  yang mengaku memeluk suatu agama yang artinya mengagap bahwa kebenaran macam apa yang dipahaminya atau menarik hatinya dari agama tersebut dan dianggapnya sebagai kebenaran yang utama. Manusia  gaya hidup agamis dibagi menjadi 4 golongan yaitu

Mengenal  Perilaku Gaya Hidup Agamis

  • Gaya Hidup Manusia Ritual

Gaya hidup Manusia ritual merupakan sekelompok orang-orang yang menekankan sisi ritual dari agamanya. Mereka sangat peduli dan ketat menjaga aturan-aturan, prosedur-prosedur, dan upacara-upacara dalam agamanya.  orang-orang ini yang melihat ritual-ritual ini sebagai sesuatu yang utama dan penting dalam agama tsb, yang harus dilestarikan, dan tidak boleh sembarangan dilanggar. Sebagai contoh, apabila ajaran agama tersebut  memuat tentang surga, untuk itu kelompok ini akan mengatakan bahwa ritual2 inilah yang akan membawa manusia ke surga.

  • Gaya Hidup Manusia Doktrinal

Gaya hidup Manusia doktrinal meupakan  sekelompok orang-orang yang melihat kebenaran suatu agama sebagai kebenaran doktrin atau mutlak. Misalnya ,apabila  ajaran agama memuat tentang surga, maka kelompok ini akan berusaha sebisa mungkin mendefinisikan surga itu seperti apa berdasarkan ayat-ayat yang ada, dan ada kecenderungan untuk menganggap bahwa dengan pemahaman doktrinal yang benar, mereka dapat masuk surga. Biasanya kelompok ini tidak dapat mentoleransi pemahaman doktrin yang berbeda, baik dalam agamanya sendiri.

  • Gaya Hidup Manusia Moral

Gaya hidup Manusia moral merupakan  sekelompok orang-orang yang melihat dari sisi ajaran moralitas sebagai kebenaran dari suatu agama. Mereka menekankan toleransi,  perdamaian, dan seringkali mengabaikan ajaran2 doktrinal demi menjunjung tegaknya nilai2 moral. Gaya hidup agamis orang dnegan tipe seperti ini merupakan gaya hidup yang mengedepankan dari segi moralitas. Misalnya , apabila ada suatu  ajaran agama memuat tentang surga, untuk itu sekelompok ini cenderung tidak menonjolkan perbedaan2 konsep tentang surga, yang penting bagi mereka adalah bagaimana hidup bermoral, karena moralitaslah jalan menuju surga. Mereka yang menganggap paham ini bahwa  ajaran moral, yang bertujuan membuat manusia menjadi lebih bermoral.

  • Gaya Hidup Munusia Spiritual

Gaya hidup Manusia spiritual merupakan  sekelompok orang-orang yang menganggap bahwa agama yaitu  suatu usaha untuk memahami realitas spiritual yang ada. kebenaran itu yaitu  realitas spiritual dan agama merupakan satu penunjuk arahnya . Misalnya , apabila  ajaran agama memuat tentang surga, untuk itu kelompok ini surga adalah penyatuan diri dengan yang Ilahi, dan hanya dengan memahami realitas spiritual ini orang dapat masuk surga dalam arti yang mereka pahami

Demikian artikel yang dapat kami paparkan mengenai Mengenal  Perilaku Gaya Hidup Agamis yang bisa anda jadikan referensi  untuk menambah wawawan dan juaga bisa anda sebabrkan kepada teman atau karapat. Terima akasih telah berkunjung dan membancanya.  

Spread the word. Share this post!