Pedoman Melakukan Cara Diet Sehat

Banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan bentuk dan berat badan yang ideal, tidak peduli berapapun biayanya atau efek jangka panjangnya. Bahkan tidak sedikit yang rela mengubah pola makan dengan tidak makan beberapa jenis makanan, padahal kandungan dalam makanan tersebut diperlukan oleh tubuh. Hasilnya, tubuh menjadi lemas dan kekurangan cairan.Banyak cara mengatasi berat badan, namun sebaiknya pilih cara diet sehat yang benar.

Diet bukanlah sesuatu yang buruk, bahkan dalam situasi tertentu diet bisa menjadi satu keharusan terutama bagi penderita obesitas. Badan yang terlalu gemuk bisa menyebabkan beberapa organ tubuh tidak berfungsi dengan baik. Memiliki badan yang terlalu gemuk bisa memicu berbagai penyakit, seperti: jantung, kencing manis dsb.

Mengurangi berat badan sesuai dengan berat yang ideal bukanlah hal yang mudah, tidak hanya niat saja namun kemauan, disiplin dan pengetahuan mengenai cara diet sehat yang benar.

Banyak orang yang menganggap diet adalah membatasi asupan makanan, jika demikian tentu sangat menyiksa karena tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi yang diperlukan. Yang dimaksud dengan diet sehat adalah mengontrol atau memilih menu makanan untuk menghindari berat badan yang  berlebih.

Berikut adalah beberapa tips melakukan diet sehat dari berbagai pakar kesehatan yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: CARA SEHAT MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN BUAH BUAHAN

Sesuaikan Diet Dengan Kondisi Kesehatan

Keinginan untuk makan berlebihan untuk sebagian orang susah ditahan. Jadi memulai diet yang sehat harus dimulai dengan disiplin dan tegas pada diri sendiri. Bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi, sebaiknya mulai hindari makanan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Ketahui Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan

Jika Anda punya hobil nyemil makanan seperti chiki, snake,coklat dsb sebaiknya ganti dengan buah-buahan dan sayuran. Selain memiliki vitamin dan nutrisi lainnya yang berguna untuk tubuh, kandungan buah dan sayur dapat mencegah Anda terkena sembelit dan melancarkan pencernaan. Selain itu hindari makanan dan minuman yang menggandung gula berlebih.

Atur Jarak Waktu Makan

Melakukan diet bukan tidak makan sama sekali, Anda tetap harus makan pada waktu jam makan pagi, siang dan malam. Anda tetap harus makan namun dengan porsi yang dikurangi dan mengganti jenis makanan yang memiliki kadar kalori yang rendah.

Olah Raga dan Minum Air Putih

Sudah bukan rahasia olahraga dapat menjaga kesehatan tubuh dan membantu proses penurunan berat badan. Dengan melakukan aktivitas olahraga membantu metabolisme dalam tubuh dan membantu pembakaran lemak.

Selain olahraga, yang tidak kalah penting adalah minum air putih setiap hari minimal 8 gelas. Dengan minum air putih dapat terhindar dari dehidrasi dan menjaga kelembaban kulit. Jadi walaupun Anda sedang melakukan diet kondisi kulit tetap harus terjaga. Jangan harap berat badan Anda akan turun keesokan harinya setelah melakukan diet. Cara diet sehat adalah sebuah proses yang hasilnya akan terlihat secara bertahap.

Spread the word. Share this post!