Pernak – pernik  Kafein

Apa yang bayangkan ketika mendengar kata kafein? Anda pasti langsung teringat segelas kopi. Tidak salah memang. Tapi ternyata itu tidak melulu tentang kopi. Setidaknya kopi bukanlah satu – satunnya jenis bahan makanan atau minuman yang mengandung zat itu. Masih banyak hal yang lain yang perlu anda ketahui.  Buat anda yang penasaran ingin mengetahuinya, berikut pernak – pernik kafein.

Makanan dan minuman dengan kafein tinggi

  • Kopi

Ini sudah sangat jelas dan sudah umum diketahui. Bahkan seperti sudah suatu yang disepakati seorang orang secara tidak resmi, kalo bicara kafein pasti langsung terbayang kopi. Pantas saja memang, karena kopi berada pada urutan no 1 dalam hal kandungan zat tersebut. Tapi tahukan anda berapa kandungannya? Ya, untuk setiap kopi seberat 226,8 gram mengandung 80 – 100 mg zat tersebut.

  • Teh celup atau seduh

Anda pasti pernah menyangka kalau dalam teh mengandung zat penghilang rasa kantuk tersebut. Memang tidak setinggi kopi. Tapi setidaknya cukup tinggi . Dalam setiap 226,8 gram teh celup atau seduh mengandung 47 mg kafein.

  • Minuman bersoda

Minuman ini memang menyegarkan sehingga banyak disukai. Tapi tidak banyak yang tau bahwa dalam setiap 340 gram minuman bersoda mengandung 23 – 69 mg zat yang identik dengan kopi tersebut.

  • Es krim

Siapa yang enggak suka es krim? Hampir rata – rata setiap orang suka. Apalagi anak – anak. Makanan ini memang mempunyai cita rasa yang manis menyegarkan. Nah, siapa yang menyangka dalam setiap 9,4 gram es krim mengandung 10 – 45 gm kafein.

 

Manfaat kafein bagi kesehatan

  • Mencegah penurunan fungsi otak

Konsumsi jangka panjang zat ini akan mengurangi resiko mengidap penyakit Azheimer dan Parkinson. Penyakit  yang menyerang fungsi otak. Penelitian juga mengatakan bahwa zat ini dapat memperlambat penurunan fungsi otak akibat usia.

  • Menurunkan berat badan

Kemampuan kafein menekan nafsu makan dalam konsumsi jangka panjang akan menurunkan berat badan. Ini juga diakibatkan zat tersebut menstimulus terjadinya thermogenesis yaitu mekanisme tubuh yang mengubah makanan menjadi panas dan energi.

  • Meningkatkan performa olahraga

Zat ini bila dikonsumsi akan meningkatkan stamina atau endurance. Dan bila dikonsumsi dengan dikombinasikan dengan karbohidrat akan mempercepat  kembalinya kadar glikogen dalam otot.

 

Efek samping dari kafein

  • Insomia.

Ketika anda minum kopi, zat inilah yang berfungsi untuk menahan rasa kantuk anda. Pada kadar belebih dan konsumsi jangka panjang akan menyebabkan insomnia.

  • Gangguan lambung

Zat ini dapat menyebabkan luka pada lambung. Efek paling parah yaitu timbuknya sel kanker pada lambung.

  • Mengganggu perkembangan janin

Zat ini ternyata mampu menembus plasenta yang menjadi pelindung janin.

Spread the word. Share this post!