Seputar Pembahasan Singkat Gaya Hidup Modern

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, diikuti dengan perubahan gaya hidup. Gaya hidup atau life style tidak lepas dari faktor budaya, pola pikir lingkungan atau masyarakat bersangkutan. Gaya hidup modern memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai hal atau kegiatan. Kini banyak orang yang senang melakukan hal-hal yang serba instan dan pragmatis. Jika tidak, dianggap ketinggalan zaman, kuno dsb.

Pengertian Gaya Hidup

Gaya hidup adalah bagian kebutuhan sekunder yang akan berubah tergantung zaman dan keinginan seseorang untuk mengubah kebiasaan atau gaya hidupnya. Istilah life style awalnya dibuat oleh seorang psikolog dari Austria, Alfred Adler pada tahun 1929. Pengertian life style lebih luas, seperti yang kita pahami sekarang ini. Lalu pada tahun 1961, istilah ini mulai digunakan untuk merujuk cara berpakaian, kebiasaan dsb. Penilaian terhadap gaya hidup bisa relatif, tergantung penilaian orang lain dan penilaian tersebut bisa saja berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya.

Bentuk-Bentuk Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

Salah satu bentuk life style di zaman serba modern ini adalah bahwa status seseorang dilihat atau ditandai dari penampilan atau benda yang dipakainya, seperti: kendaraan, handphone, gaya berpakaian dsb,

Selain itu masyarakat modern memiliki tingkat mobilitas yang sangat tinggi, super sibuk. Atau nongkrong di café, sekarang menjadi salah satu bagian dari gaya hidup modern. Tidak hanya itu acara-acara yang sifatnya agung seperti: pernikahan, acara wisuda kini dijadikan moment untuk dirayakan besar-besaran. Bahkan lulusan Taman Kanak-Kanan (TK) tidak sedikit dilakukan seremoni wisuda.

Baca Juga: Tips Gaya Hidup Agar Lebih Sehat Dan Bahagia

Bentuk-bentuk lainnya adalah perubahan cara berkomunikasi karena munculnya perangkat handphone. Perkembangan di bidang teknologi komunikasi sangat dasyat dan turut membentuk gaya hidup modern bahkan merubah kebiasaan cara berkomunikasi dan bersikap. Contohnya adalah dengan adanya teknologi internet, aktivitas belanja bisa dilakukan tanpa pertemuan atau dilakukan dengan cara online. Selain itu komunikasi bisa lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun ke manapun, bahkan sampai ke luar negeri bisa dilakukan, dengan catatan terkoneksi dengan jaringan internet.

Menyikapi Gaya Hidup Kekinian

Gaya hidup zaman sekarang yang serba modern, instan dan pragmatis bisa membawa dampak yang negative ataupun positif. Semua tergantung masing-masing orang bagaimana cara menggunakannya dan untuk tujuan apa. Menghadapi gempuran teknologi yang semakin canggih dan terlihat mempesona harus dibarengi dengan kesadaran dan kontrol yang cerdas. Jika tidak dampaknya akan negative dan mudah terpengaruh.

Demikian ulasan singkat mengenai gaya hidup modern yang kami sajikan bagi pembaca sekalian. Jika Anda tidak menyukai/ tidak setuju dengan gaya hidup modern bisa menjalankan kehidupan yang sederhana. Namun jika Anda setuju, boleh saja melakukannya asalkan tidak menyalahgunakan dan sesuai dengan kemampuan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Spread the word. Share this post!