Tahukah Anda Pengaruh Hedonisme Bagi Para Remaja?

Apakah Anda tahu apa itu hedonisme? Kata ini diambil dari bahasa Yunani atau yang lebih sering disebut “hedonismos” yang diartikan sebagai kesenangan. Istilah ini bisa juga menjelaskan tentang keinginan manusia untuk memenuhi kuantitas kesenangannya. Bisa juga seperti anggapan bahwa hidup ini untuk mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari hal-hal yang membuat tidak bahagia. Selain itu, secara luas dapat juga diartikan sebagai pandangan hidup tentang kesenangan dan kebahagiaan materi sebagai tujuan utama dalam hidupnya.

Tahukah Anda Pengaruh Hedonisme Bagi Para Remaja?

Bagi remaja, hedonisme ini mungkin bisa berupa sesuatu yang negatif mengingat keadaan mental yang belum stabil dan cenderung mencoba-coba sesuatu. Bahkan pelakunya sendiri juga bisa saja tidak menyadari bahwa mereka melakukan kegiatan hedon. Mengingat hedon sangat riskan bagi remaja, bagi para orang tua sebaiknya tahu apa saja pengaruhnya terhadap kehidupan remaja.

Apa pengaruh hedonisme terhadap remaja? Berikut berbagai pengaruhnya, antara lain:

Pergaulan Bebas

Kehidupan hedon tentunya sangat dekat dengan hubungan dengan sembarang orang yang tentunya juga mengejar kesenangan dalam hidupnya. Club malam sangat pasti dikunjungi oleh para remaja hedon ini. Dari pergaulan bebas ini seorang remaja mungkin tidak akan mematuhi lagi apa perkataan orang tua mereka. Sikap acuhnya terhadap norma dan etika sudah menjadi ciri dasar mereka.

Narkoba

Salah satu hal yang menjadi tujuan para remaja hedon adalah narkoba. Kesenangan yang didapat dari pengkonsumsian narkoba membuat mereka menjadi kecenderungan dan bisa melakukan tindak criminal dengan leluasa. Kesenangan narkoba ini mungkin awalnya adalah sebuah bentuk keberanian di hadapan teman, namun karena sifat narkoba yang mampu menjadi candu akan tetap menarik perhatian mereka lagi dan lagi. Sekali seorang remaja mengenalnya, tidak ada jalan untuk menghindarinya. Sebagai orang tua hendaknya mengawasi kegiatan anaknya dengan seksama. Perbuatan anarkis seperti tawuran, diawali dengan pengkonsumsian narkoba.

Individualisme

Pergaulan bebas menyebabkan sifat seorang remaja menjadi acuh dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Sifat egois yang tinggi menyebabkan sosialisasi dengan lingkungan yang kurang, merasa tidak membutuhkan bantuan orang lain, dan merasa bisa mengatasi segala masalahnya sendiri.

Konsumtif

Sifat individualism seorang remaja membuatnya menjadi tidak terkendali dalam hal keuangan. Hal –hal yang dilakukan bersifat pemborosan. Tidak peduli dari mana mendapatkan uang, bahkan rela melakukan hal-hal yang tidak sewajarnya hanya untuk memuaskan keinginan material, seperti mencuri, menjual diri, dan lain-lain.

Segala sifat di atas bisa menjadi ciri-ciri seorang remaja yang hedonisme. Jika salah satu dari ciri di atas Anda temui pada seorang remaja, besar kemungkinan remaja tersebut mengidap masalah hedon. Untuk mengatasinya disarankan agar setiap orang tua mengawasi putera-puterinya dengan teliti, sehingga kemungkinan terjadinya hedon ini tidak akan terjadi. Langkah preventif tentunya lebih efektif dibandingkan dengan langkah represif.

Spread the word. Share this post!