Tips Ampuh Agar Terhindar Dari Ancaman Narkoba

Maraknya penyalahgunaan narkoba belakangan ini mengancam masa depan para generasi bangsa. Selain menimbulkan kecanduan bagi para penggunanya, zat adiktif ini juga berdampak buruk bagi kesehatan, seperti berisiko terjangkit suatu penyakit yang bahkan dapat berujung pada kematian. Salah satu cara untuk mencegah penyalahgunaan narkoba yakni dengan menjauhi pergaulan bebas dan berpegang teguh pada agama yang dianut. Hanya saja kedua cara tersebut sering kali sulit dilakukan oleh para anak muda.

Tips Ampuh Agar Terhindar Dari Ancaman Narkoba

Untuk itu, jika Anda tidak ingin berakhir di penjara atau di pusat rehabilitasi, maka mulai saat ini hindari obat-obatan terlarang tersebut dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, antara lain:

Ketahui beragam dampak negatif narkoba

Jika berbicara mengenai dampak buruk narkoba, maka Anda tidak akan menemui ujungnya. Tidak hanya dirasakan secara fisik, obat terlarang tersebut juga berdampak buruk bagi kesehatan psikis. Contohnya saja, jika Anda orang yang ketahuan menggunakan zat terlarang ini, ia akan menjadi bahan gunjingan orang sehingga akan dijauhi. Jika sudah seperti ini, maka seseorang akan merasa tertekan dan membuatnya cenderung menutup diri.

Jaga pergaulan anda

Cara selanjutnya untuk menghindari narkoba adalah dengan menjaga diri Anda dari pergaulan yang tidak benar. Pergaulan yang salah menjadi penyebab utama seseorang bisa terjerumus pada penggunaan zat berbahaya ini. Untuk bangunlah sebuah benteng yang kuat dari dalam diri Anda supaya tidak mudah terjerumus pada pergaulan bebas yang menyesatkan.

Banyak cara membentengi diri yakni dengan memegang teguh agama yang dianut. Sebab tak ada satupun agama yang membenarkan pergaulan bebas. Oleh karena itu, perdalam ilmu agama dan jadikan sebagai pedoman hidup, anda. Selain membentengi diri Anda dengan Agama, sebaiknya juga dalam mencari teman Anda bisa selektif. Carilah teman-teman yang berperilaku baik sehingga dapat mendorong Anda juga berperilaku baik.

Hadapi masalah anda

Bagi sebagian orang, narkoba dijadikan sebagai salah satu cara untuk melampiaskan masalah yang tengah dihadapi. Beratnya masalah membuat seseorang depresi hingga berdampak pada perilakunya. Tak sedikit dari mereka yang memiliki masalah yang berat menjadikan zat terlarang ini sebagai pelampiasan padahal hanya bermula dengan coba-coba . Oleh karena itu, satu-satunya solusi adalah menghadapi masalah secara berani, bukan malah menambah masalah dengan cara menggunakan zat terlarang seperti narkoba.

Lakukan kegiatan yang bermanfaat

Tips jitu selanjutnya dalam menghindari narkoba adalah dengan banyak melakukan kegiatan bermanfaat. Jika Anda mau, Anda bisa melakukan banyak jenis kegiatan yang bermanfaat terutama untuk para remaja, misalnya dengan melakukan bakti sosial atau menyalurkan hobi. Menyibukkan diri dengan berbagai macam kegiatan bermanfaat, dapat menghindarkan dari pikiran-pikiran negative yang terlintas di pikiran Anda.

Ingat tentang hukum narkoba

Hukum yang mengatur tentang penyalahgunaan narkoba di Indonesia terbilang sudah berat. Jika Anda terbukti melakukan pelanggaran menyangkut penyalahgunaan narkoba, Anda akan terancam penjara belasan tahun atau bahkan paling parah adalah ancaman hukuman mati. Untuk itu, jika Anda tidak mau berurusan dengan aparat penegak hukum, maka hindari barang terlarang yang satu ini.

Spread the word. Share this post!