Trik Agar Anak Terhindar dari Hedonisme

Hedonisme merupakan suatu pandangan hidup yang menganggap suatu kesenangan dan kenikmatan materi merupakan tujuan yang paling utama dalam hidup. Tujuan para penganut ini hanyalah berfoya-foya, bersenang-senang dan lain sebagainya baik yang menyenangkan bagi orang lain maupun tidak. Penganut paham ini beranggapan bahwa mereka hanya hidup sekali, sehingga mereka membuat hidupnya sesuka hatinya yang hanya mengejar hawa nafsu dengan sebebas bebasnya.

Dalam hal tersebut bukanlah menjadi sikap yang terpuji karena pada golongan orang ini akan muncul mengenai gaya hidup yang telanjang. Mereka beranggapan bahwa sebelum mereka mati, maka menghabiskan waktu untuk bersenang-senang, berfoya-foya serta memuaskan hawa nafsu merupakan tujuan pang paling awal yang harus dilakukannya sebelum ajal menjemput. Pada golongan orang ini menonjolkan barang-barang mewahnya karena pada dasarnya mereka memiliki gengsi yang sangat tinggi.

Adapun beberapa contoh mengenai gaya hidup hedonisme yaitu

  1. Suka melakukan shopping di mall-mall untuk membeli barang-barang yang konsumtif.
  2. Suka mencoret-coret tembok demi menuntaskan kesenangan dan juga keisengannya.
  3. Kecanduan dalam bermain game, hingga melupakan waktu berharganya yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas yang ada pada dirinya.
  4. Bagi mereka penganut golongan ini, melakukan olahraga bukanlah untuk kesehatan jasmaninya, tetapi melainkan hanya untuk kesenangan pada jasmaninya.
  5. Membeli produk karena adanya iming-iming hadiah.
  6. Membeli suatu produk karena ingin menjaga penampilannya mengenai segi sosial serta gengsinya.
  7. Adanya rasa percaya diri dengan barang-barang mahalnya.

Adapun beberapa trik yang dapat dilakukan agar anak tidak terpengaruh oleh sikap buruk tersebut, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Dekatkan lah anak pada Tuhan.
  2. Ajarkan anak dengan hidup yang sederhana.
  3. Melatih anak untuk bekerja keras agar anak dapat merasakan betapa susahnya mencari uang, dengan hal tersebut maka anak dapat menghargai uang sekecil apa pun nominalnya.
  4. Biasakan untuk tidak hidup dalam keborosan.
  5. Janganlah menuruti segala sesuatu yang diinginkan oleh anak.
  6. Ajarkan sikap bersyukur pada anak.
  7. Ajarkan pada anak untuk berhati-hati dalam memilih teman.
  8. Beritahukan kepada anak bahwa harta dan benda yang dimilikinya bukanlah segalanya.
  9. Ajarkan pada anak untuk tidak memiliki sikap iri.
  10. Berikan contoh yang teladan pada anak.

Hidup pada lingkungan yang berbagai macam karakter bagi penghuninya, maka peran orang tua sangatlah dibutuhkan dalam mendidik anaknya agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif yang dapat membuat masa depannya suram. Lakukan yang terbaik dalam mengajarkan segala sesuatu pada anak agar anak dapat terhindarkan dari sikap hedonisme. Ajarkan pada anak-anak bahwa hidup di dunia tidak hanya menunggu kematian dan untuk bersenang-senang serta berfoya-foya sesuka hatinya.

Spread the word. Share this post!