5 Kreasi Masakan Ayam yang Wajib Kamu Coba, Mana Pilihanmu?

Tempe dan tahu selama ini dikenal sebagai lauk pokok masyarakat Indonesia. Selain mudah  didapat dan punya harga bersahabat, keduanya juga kaya protein dan baik bagi kesehatan. Nah, jika sesekali bosan dengan keduanya, pilihan selanjutnya adalah ayam. Tak heran, berbagai jenis masakan dari ayam kini terus berkembang dan bermunculan. Tongseng ayam tentu hanya satu dari sekian banyak kreasi masakan ayam yang bisa kamu coba.

Nah, jika sudah sering merasakan nikmatnya tongseng ayam, tak ada salahnya mencoba mencicipi kreasi masakan ayam lainnya yang dijamin tak akan kalah nikmat. Butuh referensi? Yuk, cek ulasan berikut ini.

1. Ayam Bakar Taliwang
Seperti namanya, ayam bakar taliwang yang dikenal sebagai masakan khas Lombok ini berasal dari Desa Karang Taliwang. Sama seperti masakan khas Nusantara lainnya, ayam bakar taliwang juga punya cita rasa istimewa yang tiada duanya. Paduan rasa gurih dan pedas yang benar-benar menggigit pada bumbunya menjadi kunci dari cita rasa masakan ini. Pertama kali diperkenalkan oleh Haji Murad, ayam bakar taliwang menggunakan ayam kampung yang masih berusia sekitar 3 bulan. Tak heran, rasa ayam bakar ini amat empuk dan tidak berlemak. Hmm, mau mencobanya?

2. Ayam Bakar Bumbu Rujak
Pada dasarnya, setiap ayam bakar adalah sama. Hal yang membedakan adalah bumbu yang menyertai setiap sajiannya. Nah, ayam bakar bumbu rujak ini dikenal memiliki cita rasa yang amat khas. Masakan yang biasanya disajikan dalam acara-acara selamatan ini punya perpaduan rasa gurih dan sedikit pedas. Seperti halnya ayam bakar taliwang, masakan yang satu ini juga dibuat dari ayam kampung yang masih muda. Memang, rasa ayam kampung muda tak ada duanya!

3. Opor Ayam
Masakan ini biasanya khas dengan hari raya atau perayaan-perayaan spesial lainnya di Indonesia. Namun, saat ini, tak sulit kok menemukan opor ayam di berbagai warung makan atau restoran tertentu. Rasa ayam yang dimasak hingga empuk serta paduan kuah opor yang kental dan kaya akan rempah dijamin siap menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya. Apalagi jika disajikan bersama ketupat atau nasi hangat. Wuih, tak ada yang bisa menandingi rasanya.

4. Ayam Rica-Rica
Ini dia masakan khas nusantara lainnya. Berasal dari Manado, Sulawesi Utara, masakan yang stau ini khas dengan rasa pedas dan gurih. Kata rica sendiri berasal dari bahasa Manado yang berarti ‘pedas’ atau ‘cabai’. Karena telah tersebar di berbagai daerah, resep untuk membuat ayam rica-rica pun beragam, bergantung pada kreasi masing-masing masyarakat pembuatnya. Disajakan bersama nasi hangat dan dilengkapi dengan mentimun serta bawang goreng, hmmm nikmat!

5. Chicken Katsu Crispy
Berbeda dari empat masakan lainnya, chicken katsu crispy merupakan salah satu kreasi masakan ayam khas Jepang. Masakan yang dibuat dengan cara digoreng ini juga punya cita rasa yang khas, lho! Untuk membuatnya, fillet dada ayam, telur, tepung terigu, tepung roti, garam dan merica, serta minyak harus disiapkan. Digoreng dengan api sedang, masakan khas yang satu ini sangat cocok untuk menemani makan siang atau makan malam kamu.

Bagaimana? Tertarik mencoba salah satu kreasi masakan di atas? Atau justru tertarik ingin membuatnya sendiri? Well, selamat mencobanya, ya!

Baca juga: Resep Tongseng Ayam Ini Sedap & Pedasnya Menggigit di Lidah (klik tautan berikut: https://review.bukalapak.com/food/resep-tongseng-ayam-ini-sedap-and-pedasnya-menggigit-di-lidah-15378)

Sumber gambar: YukPiknik.com

Spread the word. Share this post!