Bikin Ngiler, Ini Resep Es Teler yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah

Ada banyak variasi menu es atau menu hidangan pencuci mulut di Indonesia. Mulai dari es buah, es campur, es teler, hingga es-es lainnya yang bisa kamu pilih suka-suka. Berbagai sajian es segar ini bisa kamu jumpai di pedagang kaki lima maupun restoran berbintang. Namun, untuk kamu yang mau menikmati lezatnya pencuci mulut ini kapan saja, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Apalagi, resep es campur, es buah, atau es teler bisa kamu cari di internet.

Seperti judul artikel ini, kamu ke sini pasti mau tahu resep es teler, bukan? Nah, langsung saja, ya, kita bahas resep es teler, koktail buah khas Indonesia ini. Simak, yuk!

Resep Es Teler

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 butir kelapa muda, serut halus
  • 1 buah alpukat, pisahkan bijinya lalu serut
  • 10 buah nangka, potong dadu
  • 15 butir kolang-kaling, potong kecil-kecil menjadi 2—4 bagian
  • ½ liter sirup
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • Es serut secukupnya

Lalu, untuk sirupnya, kamu juga bisa membuatnya sendiri, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan:

  • 400 cc air kelapa
  • 100 gram gula pasir

Nah, setelah semua bahannya siap, kita mulai proses membuat es teler, ya. Pasti kamu sudah nggak sabar, kan? Oke, langkah pertama, siapkan beberapa gelas saji. Gelas saji ini nantinya berfungsi untuk menampung semua bahan es teler. Jadi, pilihlah gelas saji yang cantik, ya, terutama kalau kamu berencana menyajikan es teler ini ke beberapa orang khusus, seperti tamu penting atau kekasih, hehehe.

Setelah gelas saji siap, ambil dan masukkan serutan kelapa muda. Kemudian, masukkan pula serutan buah alpukat. Lalu, tambahkan beberapa sendok potongan kecil kolang-kaling, jumlahnya sesuaikan saja dengan kebutuhan, ya.

Kelapa muda, alpukat, dan kolang-kaling sudah masuk? Setelah itu, siram susunan buah dan potongan kolang-kaling tersebut dengan sirup yang terbuat dari campuran air kelapa dan gula pasir. Oya, jangan sampai lupa juga untuk menambahkan susu kental manis di atasnya.

Terakhir, tambahkan es serut secukupnya, sesuai dengan selera kamu. Dan, voila! Es serut siap dihidangkan! Mudah bukan?

Bagaimana? Kamu tertarik membuatnya? Bila iya, ada beberapa tips, nih, buat kamu. Pertama, pastikan buah yang kamu pakai adalah buah yang segar, ya. Pilih buah yang berkualitas baik agar es teler buatanmu pun makin nikmat. Selain alpukat, nangka, dan kelapa muda, kamu juga bisa menambahkan buah-buah lain yang kamu suka. Kreasikan saja sesuai seleramu asal jangan sampai merusak cita rasa klasik dari es teler ini, ya. Mengapa demikian? Sebab, kita tahu ada banyak varian es atau hidangan pencuci mulut di Indonesia.

Di awal artikel ini, kamu membaca tentang sop buah, es campur, lalu sekarang es teler. Tiga varian es ini rasanya hampir mirip-mirip, bukan? Semuanya punya cita rasa manis dan segar buah-buahan. Nah, jangan sampai kamu berniat membuat es teler, tetapi malah nyerempet sop buah karena kamu terlalu banyak memasukkan buah-buahan. Setiap varian es punya cita rasa klasiknya masing-masing. Setuju?

Sekarang, coba deh praktikkan resep es teler di atas. Kalau sudah, coba juga resep es campur yang bisa kamu baca di sini https://review.bukalapak.com/food/resep-es-campur-segar-ini-pas-diseruput-di-tengah-hari-43456, ya. Seru, kan, kalau tahu dan bisa mencoba berbagai macam resep es ini? Jadi, kalau-kalau nanti siang harimu panas, tak perlu repot-repot beli es di luar, tinggal buat saja sendiri di rumah. Oke?

Selamat mencoba!

Sumber gambar: smithsonianapa

Spread the word. Share this post!